PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PPKN SISWA KELAS IV SDN 8 SOKONG TAHUN AJARAN 2021/2022

GITA, HERAWATI (2023) PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PPKN SISWA KELAS IV SDN 8 SOKONG TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi gita herawati.pix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL GITA HERAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN 8 Sokong. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan post-test only control group design. populasi penelitian ini adalah kelas IV a dan kelas IV b berjumalah 40 siswa yang masing- masing kelas berjumlah 20 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan sampel pada penelitian ini adalah kelas IV SDN 8 Sokong. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Data hasil belajar diperjelas dengan tehnik pretest dan posttest kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas dengan uji kolmogrov-sminorv, kemudian di uji homogenitas dengan leven’s test. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Data selanjutnya dianalisis menggunakam uji sample independen. Diperoleh t-hitung sebesar 1.317 sedangkan t-tabel sebesar 2,042 pada taraf signifikan 0,192. Penjelasan tersebut menunjukan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa Tedapat Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PPKn Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar siswa, Media Animasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:40
Last Modified: 22 Feb 2023 02:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35298

Actions (login required)

View Item View Item