PENGARUH HYBRID FILLER PARTIKEL KARET-CaCO3 TERHADAP SIFAT-SIFAT TARIK KOMPOSIT BERPENGUAT FIBERGLASS DENGAN MATRIK EPOXY DI LINGKUNGAN BASAH

DEWA KETUT, SUGIARTA (2023) PENGARUH HYBRID FILLER PARTIKEL KARET-CaCO3 TERHADAP SIFAT-SIFAT TARIK KOMPOSIT BERPENGUAT FIBERGLASS DENGAN MATRIK EPOXY DI LINGKUNGAN BASAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR DEWA KETUT SUGIARTA F1C016022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penggunaan dan pemanfaatan partikel CaCO3 pada umumnya digunakan untuk meningkatkan kekakuan epoxy, sedangkan penggunaan partikel karet digunakan untuk meningkatkan ketangguhan epoxy. Namun sifatnya dalam kondisi lingkungan yang basah masih perlu dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kandungan partikel karet dan CaCO3 terhadap sifat Tarik komposit serat fiberglass bermatrik epoxy dalam kondisi basah. Bahan dari penelitian ini adalah 6 lapis serat fiberglass, partikel karet dan CaCO3 dengan matrik epoxy. Fraksi berat partikel karet 0%, 5%, 10%, sedangkan fraksi berat partikel CaCO3 0%, 1%, 3%, 5% terhadap resin epoxy. Dengan pengujian tarik yang mengacu pada standar ASTM D638. Parameter yang diukur adalah kekuatan tarik, regangan tarik, modulus elastisitas, ketangguhan tarik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara umum, Penambahan partikel karet sampai 10% cenderung menurunkan kekuatan tarik dan modulus elastisitas, tetapi regangan saat patah dan ketangguhan meningkat pada penambahan partikel karet 5% dibanding tanpa kandungan partikel karet. Penambahan partikel CaCO3 sampai 5% cenderung menurunkan kekuatan tarik, regangan saat patah dan ketangguhan tarik, tetapi modulus elastisitas meningkat pada penambahan partikel CaCO3 1% dibanding tanpa kandungan partikel CaCO3. Hibrid partikel karet (5%, 10%) dan partikel CaCO3 (1%, 3%, 5%) cenderung menurunkan kekuatan tarik, regangan saat patah dan ketangguhan tarik, dibanding penambahan partikel karet 5% dan 10%, tetapi nilai modulus elastisitas meningkat pada penambahan hybrid partikel CaCO3 1% dan karet 5% dibanding penambahan partikel karet 5% saja. Kandungan air yang terserap menurunkan kekuatan tarik, regangan saat patah dan ketangguhan tarik, tetapi tidak begitu berpengaruh terhadap nilai modulus elastisitas dari komposit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Komposit, epoxy, partikel karet, CaCO3, fiberglass, kekuatan tarik
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:41
Last Modified: 22 Feb 2023 02:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35317

Actions (login required)

View Item View Item