PENGARUH INTERAKSI DALAM KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL ANAK KELOMPOK B DI KB MENTARI GOMONG KECAMATAN SELAPARANG KOTA MATARAM

ROS, MEILANDARI (2023) PENGARUH INTERAKSI DALAM KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL ANAK KELOMPOK B DI KB MENTARI GOMONG KECAMATAN SELAPARANG KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ros Meilandari (E1F016064).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Proposal Ros Meilandari (E1F016064).pdf

Download (815kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh interaksi dalam keluarga terhadap perkembangan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal anak kelompok B di KB Mentari Gomong Kecamatan Selaparang Kota Mataram. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode penelitian expost-Facto. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B dan orang tua atau wali murid di KB Mentari Gomong Kecamatan Selaparang Kota Mataram, berjumlah 13 orang. Teknik pengumpulan data berupa lembar angket dan observasi. Teknik penelitian meliputi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis pertama diperoleh nilai sebesar -0,642 dan pada taraf signifikansi 5% (0,05) sebesar 0,553. Maka, lebih besar dari (0,642 > 0,553), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi interaksi dalam keluarga berpengaruh negatif terhadap perkembangan kecerdasan intrapersonal anak kelompok B di KB Mentari Gomong Kecamatan Selaparang Kota Mataram dengan kontribusi determinan sebesar 41%..Hipotesis kedua hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih besar dari (0,596>0,553), sehingga interaksi dalam keluarga berpengaruh negatif terhadap perkembangan kecerdasan interpersonal anak, serta 35% perkembangan kecerdasan interpersonal dipengaruhi oleh interaksi dalam keluarga. Dari hasil penelitian diharapkan orangtua agar bisa mewujudkan interaksi dalam keluarga yang baik dan tidak berlebihan terhadap anak dan keluarga. Kemudian untuk guru/pendidik agar mengajarkan anak mengenai kecerdasan intrapersonal dan interpersonal sejak dini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Interaksi dalam keluarga, Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Interpersonal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Feb 2023 06:46
Last Modified: 22 Feb 2023 06:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35322

Actions (login required)

View Item View Item