ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

RADEN RORO DYAH, AYU RINA SADEWI (2023) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Raden Roro Dyah Ayu Rina Sadewi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Roro Dyah Ayu Rina Sadewi.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat motivasi belajar mahasiwa pendidikan kimia pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan terhadap seluruh mahasiswa aktif program studi pendidikan kimia Universitas Mataram dengan jumlah sampel 196 mahasiswa. Sampel diambil menggunakan teknik sampling kuota. Pengumpulan data motivasi belajar mahasiswa diperoleh menggunakan angket dengan skala Likert yang kemudian disebarkan melalui grup Whatsapp dalam bentuk google form. Pernyataan dalam angket motivasi belajar terdiri dari 35 item pernyataan yang telah diuji validitasnya dengan menggunakan uji validitias ahli dan dihitung menggunakan rumus Aiken’s V. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai Aiken’s V adalah 0,84 dimana berdasarkan kriteria penilaian Aiken termasuk dalam kategori sangat valid. Angket motivasi belajar mahasiswa terdiri atas tiga indikator yaitu indikator nilai, indikator ekspektasi dan indikator dukungan sosial yang masing-masing indikator terdiri atas beberapa sub indikator. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari 196 mahasiswa diperoleh 13 orang berada pada kategori kurang baik, 82 orang berada pada kategori cukup baik, 86 orang berada pada kategori baik dan 15 orang berada pada kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil analisis tingkat motivasi belajar mahasiswa pendidikan kimia pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 berada pada kategori baik. Hasil analisis nilai rata-rata per indikator diperoleh nilai rata-rata indikator nilai yaitu 3,044, indikator ekpektasi dan dukungan sosial yaitu 2,805. Jadi, indikator dengan nilai rata-rata paling tinggi adalah indikator nilai.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): skala Likert, indikator nilai, indikator ekspektasi, indikator dukungan sosial
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Feb 2023 06:46
Last Modified: 22 Feb 2023 06:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35333

Actions (login required)

View Item View Item