STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT DALAM MENGKAMPANYEKAN PENGENDALIAN COVID-19

Arbain, Febrianto (2023) STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT DALAM MENGKAMPANYEKAN PENGENDALIAN COVID-19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ARBAIN FEBRIANTO L1B016010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ARBAIN FEBRIANTO L1B016010.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Corona Virus menjadi salah satu penyakit yang menular dengan cepat dari satu orang ke orang lainnya. Corona Virus Disease atau disingkat Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh Virus Corona baru yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019. Covid-19 menyebar dengan masif ke banyak negara, salah satunya Indonesia. Di Indonesia terdapat 6.719.815 kasus positif dan 160.612 korban meninggal pada data pertanggal 30 Desember 2022. Covid-19 menyebar ke seluruh daerah di Indonesia, salah satunya Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jumlah orang yang terjangkit Nusa Tenggara Barat yaitu 29.087 kasus positif dan 655 korban meninggal dunia pertanggal 19 Agustus 2020. Berdasarkan hal tersebut, maka Humas NTB mengoptimalkan setiap media untuk mengampanyekan pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satu media yang saat ini lebih efektif untuk digunakan yaitu media digital. Oleh karena itu, penting bagi Humas NTB untuk mengoptimalkan Cyber Public Relation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Cyber Public Relations yang dilakukan oleh Humas Pemerintahan Provinsi NTB dalam mengkampanyekan pengendalian Covid-19 dengan menyertakan data berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat yang merupakan supplier atau penyalur data terkait jumlah korban Covid19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Cyber Public Relations Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat membuat program yang bernama Produksi Konten Kreatif untuk mengkampanyekan pengendalian Covid19.produksi konten kreatif tersebut memuat tiga bagian pokok sebagai landasan untuk disebarkan kepada masyarakat yaitu edukasi, informasi, dan sosialisasi. Hal ini dilakukan secara berulang dan konsisten, tidak memberikan segmentasi pada khalayak yang dimana semua konten yang diproduksi diperuntukan untuk siapa saja yang dapat melihatnya., dan mengedepankan kecepatan penyaluran informasi agar massyarakat menjadi semakin sadar dan dapat mencegah penularan Covid-19

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cyber Public Relation, Pemprov NTB, Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:14
Last Modified: 28 Feb 2023 02:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35334

Actions (login required)

View Item View Item