DESIGNING ENGLISH FOR TOURISM PRACTITIONERS USING STANDPOINT MODEL AT SEMBALUN, EAST LOMBOK

ROSITA INDAH, OKTA FIANI (2023) DESIGNING ENGLISH FOR TOURISM PRACTITIONERS USING STANDPOINT MODEL AT SEMBALUN, EAST LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Rosita Indah Okta Fiani - file skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
Rosita Indah Okta Fiani (E1D018102) - artikel.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Industri pariwisata di Indonesia mengalami perkembangan setelah promosi gratis dalam ajang internasional setelah sukses menjadi tuan rumah MotoGP Mandalika 2022. Akibatnya, sangat penting bagi Pelaku Pariwisata untuk memiliki kemampuan berbahasa yang memadai. Oleh karena itu, Pelaku Pariwisata Profesional di Sembalunharus dapat menggunakan bahasa Inggris dengan baik karena mereka perlu berkomunikasi dan memahami kebutuhan pengunjung untuk menjamin kepuasan pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk merancang silabus bahasa Inggris dengan menerapkan protokol analisis kebutuhan berdasarkan Standpoint Model. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang melibatkan 10 Pelaku Pariwisata yaitu 2 orang pekerja, 3 orang pemilik, seorang ketua kelompok sadar wisata (POKDARWIS), seorang tokoh masyarakat, dan seorang penenun. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian, data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan munggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian memaparkan bahwa terdapat 8 Standpoint, 8 Tugas Otentik, dan 17 Teks Otentik yang digunakan sebagai data dasar untuk merancang silabus bahasa Inggris untuk Pelaku Pariwisata di Sembalun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Silabus Bahasa Inggris, Teks Otentik, Tugas Otentik, Standpoint Model, Pelaku Pariwisata
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:19
Last Modified: 28 Feb 2023 02:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35348

Actions (login required)

View Item View Item