ANALISIS STRUKTUR NOVEL STRONG GIRL KARYA DINA AMELIA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

RIRIN, ANGGRIANI (2023) ANALISIS STRUKTUR NOVEL STRONG GIRL KARYA DINA AMELIA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KASET ( PERPUS UNRAM DAN FKIP).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktural novel Strong Girl berdasarkan teori Robert Stanton dan kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Teori yang digunakan merupakan teori struktural Robert Stanton. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang dikumpulkan berupa kata, kalimat dan wacana yang berupa tempat, suasana, tokoh/penokohan dan dialog-dialog yang ada maupun unsur lain yang membangun dalam novel Strong Girl. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa diperoleh faktafakta cerita berupa alur yang digunakan dalam novel menggunakan alur maju. Karakter utama dalam novel strong girl yaitu Adel dan Alen. Latar yang terdapat dalam penelitian yaitu latar tempat, latar waktu dan latar suasana. Tema dalam novel strong girl yaitu masalah yang ada dalam kehidupan berkeluarga dapat memberikan pelajaran dan kekuatan, sehingga menjadikan seseorang menjadi tangguh dalam menjalani kehidupan. Dalam kehidupan berkeluarga harus adanya keterbukaan dan saling percaya dalam segala hal terutama dalam memecahkan masalah. Sedangkan sarana-sarana sastra seperti judul dalam novel yaitu strong girl. Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam novel ini adalah orang ketiga tidak terbatas dan beberapa kali menggunakan orang ketiga terbatas. Gaya bahasa yang digunakan pengarang dalam novel ini menggunakan penyiasatan struktur yaitu, repetisi, anafora, dan paralelisme. Simbolisme tidak ditemukan dalam novel strong girl. Ironi yang terdapat dalam novel ini yaitu ironi alur atau ironi dramatis. Sedangkan toneironis tidak terdapat dalam novel ini. Hasil analisis struktural novel strong girl secara khusus dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Struktural, Teori Robert Stanton, Pembelajaran Sastra
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:19
Last Modified: 28 Feb 2023 02:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35351

Actions (login required)

View Item View Item