PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL GENERATIF BERBANTUAN VIDEO SIMULASI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

Widi, anti (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL GENERATIF BERBANTUAN VIDEO SIMULASI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Widianti_E1Q017060.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[img] Text
Article_Widianti_E1Q017060.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (340kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model generatif berbantuan video simulasi fluida dinamis yang layak, efektif dan efisien untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam Researc and Development (R & D) dengan model 4D yang terdiri dari define design, develop, dan disseminate. Produk yang dikembangkan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), instrumen Tes penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan serta Video Simulasi Pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, instrumen tes dan angket respon peserta didik. Validasi produk dinilai oleh tiga validator ahli dan tiga validator praktisi. Hasil penilaian dari semua produk oleh validator ahli dan praktisi berturut-turut sebesar 82,60% dan 92,70% dengan kategori cukup valid dan sangat valid. Nilai rata-rata hasil analisis reliabilitas untuk keseluruhan produk sebesar 93,19% dengan kategori reliabel. Nilai rata-rata N-Gain instrumen tes penguasaan konsep sebesar 0,65 dan kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,66 berada pada kategori sedang dengan tafsiran cukup efektif. Hasil efisiensi perangkat pembelajaran dengan rata-rata nilai persentase respon yaitu 98,33% sampai 100% dengan kriteria sangat efisien. Hasil respon peserta didik menunjukkan hal yang positif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model generatif berbantuan video simulasi fluida dinamis yanglayak, efektif dan efisien untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan Perangkat, Model Generatif, Video simulasi, Fluida Dinamis, Penguasaan Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:19
Last Modified: 28 Feb 2023 02:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35352

Actions (login required)

View Item View Item