PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

RIFQI, BAFADAL (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIFQI BAFADAL E1S018066.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL RIFQI BAFADAL E1S018066.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Riset ini tujuannya yaitu menganalisis terdapat tidaknya pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan resitasi terhadap hasil belajar peserta didik. Populasi dalam riset ini ialah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMAN 10 Mataram, yang sampelnya diambil secara random setelah penyepadanan kelas. Pendekatan yang digunakan ialah kuantitatif dengan tipe riset quasi experiment dengan rancangan pretest - posttest control group design. Adapun pengumpulan informasi memakai uji berupa opsi ganda yang telah terpenuhi ketentuan pengujian instrumen. Analisis informasi memakai statistik deskriptif. Ada pula uji persyaratan informasi diuji cobakan dengan memakai uji normalitas serta uji homogenitas. Hasil riset ini menampilkan kalau terdapatnya pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan resitasi terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0.028 < 5% (0.05). Adapun hasil uji N-Gain score membuktikan kelas eksperimen mempunyai nilai yang lebih besar dibanding kelas kontrol yang diukur dengan aspek kognitif C1, C2, C3, C4, C5. Implikasi secara teoritis kalau pemakaian model ini jadi penguatan teori pembelajaran, spesialnya pada teori konstruktivistik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Reciprocal Teaching; Resitasi; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:33
Last Modified: 28 Feb 2023 02:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35369

Actions (login required)

View Item View Item