MEDIA RELATIONS UNTUK PARIWISATA BERKELANJUTAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS MANDALIKA (Studi Kasus pada Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat)

Maria Fransisca, Trian (2023) MEDIA RELATIONS UNTUK PARIWISATA BERKELANJUTAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS MANDALIKA (Studi Kasus pada Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FINAL SISCA 12345.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SISCA.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media relations Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk mendukung pengembangan pariwisata berkelanjutan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi NTB. Penulis menetapkan lima informan utama dan dua informan pendukung melalui teknik purposive sampling. Sementara itu, objek penelitian ini ialah aktivitas media relations Dinas Pariwisata Provinsi NTB dalam mendukung pengembangan pariwisata berkelanjutan KEK Mandalika. Penulis menggunakan metode wawancara mendalam dan studi dokumentasi dalam mengumpulkan data penelitian. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penulis menggunakan triangulasi data dalam menguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata Provinsi NTB telah mengimplementasikan beberapa aktivitas media relations, seperti konferensi pers, pengiriman siaran pers, press gathering, perjalanan pers, special event dan media monitoring. Selain itu, Dinas Pariwisata Provinsi NTB juga menggunakan Dinas Pariwisata Provinsi NTB pun menggunakan website, instagram dan facebook untuk mempercepat penyampaian informasi dan menjangkau khalayak dengan lebih luas. Namun, berbagai aktivitas media relations tersebut belum sepenuhnya mendukung pengembangan pariwisata berkelanjutan pada KEK Mandalika. Hal tersebut dikarenakan aspek lingkungan kurang digaungkan dibandingkan dengan aspek – aspek lainnya yang mendukung pengembangan pariwisata berkelanjutan. Adapun hambatan yang dihadapi Dinas Pariwisata Provinsi NTB dalam menjalankan media relations, di antaranya hambatan teknis berupa kurangnya kolaborasi dengan multipihak dan hambatan anggaran yang menyebabkan program Famtrip terhenti serta instansi terkait belum bisa menjalin kerjasama dengan lebih banyak media nasional lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Relations, Pariwisata Berkelanjutan, KEK Mandalika
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:34
Last Modified: 28 Feb 2023 02:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35374

Actions (login required)

View Item View Item