ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KELAS VII A SMP NEGERI 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Nabi, lah (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KELAS VII A SMP NEGERI 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NABILAH_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Artikel Nabilah_E1R118020.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (340kB)
[img] Text
LoA Nabilah et al 2023 (2).pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (293kB)

Abstract

Kemampuan berpikir reflektif matematis adalah suatu kegiatan siswa secara aktif dalam menghubungkan pengetahuan yang pernah diperolehnya dalam menyelesaikan permasalahan untuk mendapatkan kesimpulan. Pada skripsi ini menampilkan deskripsi kemampuan berpikir reflektif matematis siswa berdasarkan gaya belajar pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Mataram tahun pelajaran 2022/2023. Banyak subjek penelitian ini adalah 39 siswa. Subjek penelitian dipilih dengan purposive sampling. Untuk memperdalam hasil penelitian dipilih 2 siswa dari setiap tipe gaya belajar. Instrument yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir reflektif matematis, angket gaya belajar dan wawancara. Penelitian ini dimulai dari pengisian angket gaya belajar kemudian menentukan subjek penelitian yaitu 2 siswa yang masing-masing memiliki gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Kemudian diadakan tes kemampuan berpikir reflektif matematis dan dilanjutkan dengan wawancara mendalam terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir reflektif matematis. Secara umum dapat dikatakan bahwa siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan berpikir reflektif matematis yang lebih bagus dibanding siswa dengan gaya belajar visual dan auditorial.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis Kemampuan, Berpikir Reflektif Matematis, Gaya Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:53
Last Modified: 17 Mar 2023 08:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35379

Actions (login required)

View Item View Item