RESPON MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM SIMPAN PINJAM DANA DESA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DI DESA SARI KECAMATAN SAPE KABUPATEN BIM

SALAH, UDIN (2023) RESPON MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM SIMPAN PINJAM DANA DESA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DI DESA SARI KECAMATAN SAPE KABUPATEN BIM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SALAHUDIN L1C018094.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL SALAHUDIN L1C018094.pdf

Download (698kB) | Preview

Abstract

Masyarakat akan senantiasa merespon setiap program pembangunan yang dilakukan. Demikian juga halnya dengan keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui respon masyarakat terhadap program BUMDes simpan pinjam dana Desa di Desa Sari, mekanisme pengelolaan simpan pinjam dana Desa di Desa Sari, dan faktor pendorong dan faktor penghambat melatar belakangi masyarakat ikut berpartisipasi dalam program simpan pinjam dana Desa di Desa Sari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan tiga teori yakni 1) Teori Respon Steve M. Chafe, 2) Teori Lembaga Birokrasi Benveniste, dan 3). Teori Kebutuhan Hirarki Abraham Maslow. Dengan teknik dan alat pengumpulan data yakni observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa respon masyarakat terhadap BUMDes simpan pinjam dana Desa di Desa Sari termasuk cukup baik. Hal ini ditunjukan oleh pengetahuan, sikap dan keterlibatan masyarakat dalam program BUMDes tersebut cukup baik (memadai). Adapun pengelolaan simpan pinjam dana Desa melalui keuangan Desa secara teratur dan dipinjamkan kembali. Selanjutnya mekanisme menjadi anggota BUMDes adalah : mendaftar dan membawa kartu keluarga, kartu tanda penduduk, mengajukan nominal pinjaman, mengisi surat permohonan pinjaman, pengurus BUMDes melakukan verifikasi data, aturan pembayaran pinjaman tiap bulan. Adapun faktor pendorong partisipasi masyarakat dalam mengikuti program BUMDes adalah : kebutuhan, keluarga lingkungan sosial, anggaran pertanian, dan faktor penghambat mekanisme administrasi simpan pinjam yang dirasakan rumit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Respon Masyarakat, Simpan Pinjam, BUMDes
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:53
Last Modified: 17 Mar 2023 08:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35383

Actions (login required)

View Item View Item