PERSEPSI PEREMPUAN MENIKAH USIA ANAK PENGGUNA ALAT KONTRASEPSI (Studi di Desa Kerembong Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah)

DALILI SITI, MULYANI (2023) PERSEPSI PEREMPUAN MENIKAH USIA ANAK PENGGUNA ALAT KONTRASEPSI (Studi di Desa Kerembong Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Persepsi Perempuan Menikah Usia Anak Pengguna Alat Kontrasepsi_Dalili Siti Mulyani_L1C019026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Dalili Siti Mulyani-L1C019026- Artikel.pdf

Download (451kB) | Preview

Abstract

Tingginya pernikahan usia anak berdampak pada tingginya angka kematian ibu dan bayi, serta angka perceraian dan kemiskinan. Penggunaan alat kontrasepsi sangat berperan penting dalam menunda anak bagi perempuan yang menikah di usia anak. Penggunaan alat kontrasepsi dapat membantu kehidupan rumah tangga perempuan yang menikah di usia anak. Penelitian ini berfokus pada bagaimana persepsi perempuan menikah usia anak pengguna alat kontrasepsi dan manifestasi persepsi perempuan menikah usia anak pengguna alat kontrasepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi perempuan menikah usia anak pengguna alat kontrasepsi dan mengetahui manifestasi persepsi perempuan menikah usia anak pengguna alat kontrasepsi di Desa Kerembong Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan teori interaksionisme simbolik George Herbert Mead dan teori pilihan rasional James Coleman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi serta teknik pengumpulan data: wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 (tiga) persepsi perempuan menikah usia anak pengguna alat kontrasepsi yaitu persepsi ketidaksiapan untuk hamil, persepsi hukum penggunaan alat kontrasepsi dan persepsi harapan penggunaan alat kontrasepsi. Selain itu, terdapat 3 (tiga) manifestasi persepsi perempuan menikah usia anak pengguna alat kontrasepsi yaitu manifestasi dalam memiliki anak, manifestasi dalam menggunakan alat kontrasepsi dan manifestasi dalam pemilihan jenis alat kontrasepsi dan manifestasi dukungan pasangan dalam memilih jenis alat kontrasepsi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Persepsi, Pernikahan Usia Anak, Alat Kontrasepsi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:53
Last Modified: 17 Mar 2023 08:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35387

Actions (login required)

View Item View Item