STRATEGI SURVIVE ISTRI ANGGOTA JAMAAH TABLIGH SELAMA DITINGGAL KHURUJ DI KECAMATAN SURALAGA LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA BARAT

INDRI, WAHYUNI (2023) STRATEGI SURVIVE ISTRI ANGGOTA JAMAAH TABLIGH SELAMA DITINGGAL KHURUJ DI KECAMATAN SURALAGA LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI INDRI WAHYUNI NIM. L1C019048.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL INDRI WAHYUNI NIM. L1C019048.pdf

Download (281kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pandangan istri anggota Jamaah Tabligh terhadap aktivitas khuruj suaminya, dampak khuruj terhadap keluarga dan strategi survive istri anggota Jamaah Tabligh dalam keluarga selama ditinggal khuruj di Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan Teori Konstruksi Sosial dari Peter L. Berger dan Thomas Luckman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Penentuan informan menggunakan teknik Snowball Sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pegumpulan data, reduksi data, peyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pandangan istri anggota Jamaah Tabligh terhadap aktivitas khuruj dakwah suaminya yaitu sarana dakwah dan jihad harta di jalan Allah, sarana dakwah untuk diri sendiri dan sarana mempererat tali silaturahmi kepada sesama Muslim di berbagai tempat. Dampak khuruj terhadap keluarga yakni ada dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif terhadap kehidupan keluarga seperti hubungan keluarga semakin harmonis dan mengubah kepribadian seseorang menjadi lebih baik karena pada saat khuruj memang banyak diajarkan tentang konsep rumah tangga yang harmonis dan cara menggapainya. Dampak positif khuruj terhadap ekonomi keluarga yakni mengubah ekonomi keluarga semakin lebih baik. Adapun dampak negatif khuruj terhadap kehidupan keluarga seperti waktu untuk berkumpul bersama keluarga menjadi berkurang, keluarga kurang mendapatkan perhatian dan kasih sayang secara utuh serta hilangnya sosok figur ayah. Dampak negatif khuruj terhadap ekonomi keluarga yakni menurunnya income keluarga dan ekonomi keluarga kurang terpenuhi. Strategi survive yang dilakukan oleh istri anggota Jamaah Tabligh ketika ditinggal khuruj yaitu berserah diri kepada Allah (tawakal), mengelola bekal (uang dan barang) yang ditinggalkan oleh suami, memperkuat relasi dengan istri Jamaah Tabligh, menjalin hubungan dengan masyarakat dan bekerja.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jamaah Tabligh, keluarga, konstruksi sosial, khuruj, strategi, survive, Suralaga
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Mar 2023 09:03
Last Modified: 17 Mar 2023 09:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35393

Actions (login required)

View Item View Item