PENGARUH KOSENTRASI SPORA JAMUR Fusarium sp. TERHADAP PRODUKSI GUBAL GAHARU PADA POHON KETIMUNAN (Gyrinops versteegii (Gilg.) Domke)

Nugroho, Wahyu and irasakti, L and Mulyaningsih, Tri (2006) PENGARUH KOSENTRASI SPORA JAMUR Fusarium sp. TERHADAP PRODUKSI GUBAL GAHARU PADA POHON KETIMUNAN (Gyrinops versteegii (Gilg.) Domke). PENGARUH KOSENTRASI SPORA JAMUR Fusarium sp. TERHADAP PRODUKSI GUBAL GAHARU PADA POHON KETIMUNAN (Gyrinops versteegii (Gilg.) Domke), 3 (1). pp. 31-38. ISSN 1829 - 782X

[img]
Preview
Text
2006 Pengaruh konsentrasi spora jamur.pdf

Download (716kB) | Preview

Abstract

Sistem produksi gubal gaharu saat ini masih tergantung pada alam. Produksi gubal secara artifisial yang dikembangkan menggunakan inokulum jamur seperti inokulum jamur Fusarium sp. Penggunaan inokulum masih terdapat beberapa kelemahan diantaranya umur inokulum yang singkat. Untuk mengatasi kelemahan tersebut diadakan penelitian pengaruh kosentrasi spora jamur Fusarium terhadap produksi gubal gaharu pada pohon ketimunan (G.versteegi). Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimental dengan rancangan bujur sangkar latin yang terdiri atas lima perlakuan yaitu kontrol (inokulum Fusarium sp.) dibandingkan dengan pemberian kosentrasi spora jamur Fusarium sp 1000, 2000, 3000 dan 4000/ml. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan spora berbagai kosentrasi dan ketinggian inokulasi tidak berpengaruh nyata terhadap produksi gubal, akan tetapi dari segi kualitas gubal perlakuan spora 4000/ml cenderung memberikan hasil lebih tinggi, sedangkan dari segi kuantitas yang cenderung memberikan hasil lebih tinggi adalah perlakuan inokulum (kontrol). Letak pohon hanya berpengaruh nyata terhadap produksi gubal kelas III dan rata-rata berat gubal per lubang.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Innoculums, Fusarium sp.
Subjects: Q Science > QK Botany
S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Dr Tri Mulyaningsih
Date Deposited: 04 Mar 2023 16:08
Last Modified: 04 Mar 2023 16:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35425

Actions (login required)

View Item View Item