EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN KOMAK (Lablab purpureus) TERHADAP SISTEM IMUN IKAN.KOI (Cyprinus-carpio). YANG DIINJEKSI BAKTERI. Aeromonas hydrophila

Mumtazah, Rahmat (2023) EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN KOMAK (Lablab purpureus) TERHADAP SISTEM IMUN IKAN.KOI (Cyprinus-carpio). YANG DIINJEKSI BAKTERI. Aeromonas hydrophila. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
MRSKRIPSI.rtf OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal MR.pdf

Download (475kB) | Preview

Abstract

Budidaya ikan koi pada kegiatannya memiliki banyak hambatan yang ditemukan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang tinggi seperti hama serta penyakit pada ikan koi. A. hydrophila ialah bakteri yang menyebabkan beberapa penyakit menular pada ikan tawar. Salah satu upaya pada proses mencegah serta mengobati penyakit infeksi yang disebabkan bakteri yaitu dengan memanfaatkan tanaman yang mempunyai kandungan antimikroba. Salah satu tanaman yang dapat digunakan yaitu daun komak. Daun komak sendiri diketahui mempunyai senyawa antimikroba sepeti alkaloid dan flavonoid.Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas ekstrak daun komak terhadap sistem imun ikan koiyang diinjeksi bakteri A. hydrophila. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan metode Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari 5 perlakuan dengan 3 kali ulangan. Perlakuan pada penelitian ini meliputi K- (Pemberian pakan tanpa ekstrak, ikan diinjeksi NaCl), K+ (Pemberian pakan tanpa ekstrak, ikan diinfeksi bakteri A. hydrophila), P1 (Pemberian pakan dengan ekstrak 0,5%, ikan diinfeksi A. hydrophila), P2 (Pemberian pakan dengan ekstrak 1%, ikan diinfeksi A. hydrophila), P3 (Pemberian pakan dengan ekstrak 2%, ikan diinfeksi A. hydrophila). Pada penelitian ini diperoleh perlakuan terbaik yaitu pada P2 dengan nilai profil darah eritrosit 1,91×106 sel/mm3 , leukosit 1,91×104 sel/mm3 , hemoglobin 4,77%, hematokrit 25,16%, aktifitas fagositosis 69,3%, limfosit 77,3%, monosit 7,3%, neutrofil 5,7%, trombosit 9,7%, TBC 3,4 dan nilai SR pada P2 sebesar 83%. Dari hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa penambahan ekstrak daun komak pada pakan dengan dosis 1% adalah dosis terbaik karena dapat meningkatkan sistem imun dan efektif dalam melawan bakteri A. hydrophila.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ikan koi, A. hydrophila, Ekstrak Daun Komak
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Mar 2023 09:06
Last Modified: 17 Mar 2023 09:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35441

Actions (login required)

View Item View Item