PENGARUH PEMBERIAN PUPUK HAYATI BIO-EXTRIM DAN PUPUK KANDANG KAMBING TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.)

Ros, fani (2023) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK HAYATI BIO-EXTRIM DAN PUPUK KANDANG KAMBING TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ROSFANI_C1M018113.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_ROSFANI_C1M018113.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

Selada merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki nilai komersial dan nilai gizi yang cukup baik untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a) Satu/lebih kombinasi perlakuan konsentrasi pupuk hayati Bio-Extrim dan dosis pupuk kandang kambing memberikan pertumbuhan dan hasil lebih baik dibandingkan perlakuan lain, b) satu/lebih konsentrasi pupuk hayati Bio-Extrim yang meberikan pertumbuhan dan hasil lebih baik dibanding dosis lain, c) satu/lebih dosis pupuk kandang kambing yang memberikan pertumbuhan dan hasil lebih baik dibanding dosis lainnya. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan Agustus 2022 di Rumah Kaca, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram. Penelitian menggunakan metode Eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial dengan 2 faktor perlakuan yaitu: 1) Perlakuan pupuk hayati Bio-Extrim terdiri dari 4 aras yaitu : D0 = 0 liter/ha, D1 = 1 liter/ha, D2 = 2 liter/ha, D3= 3 liter/ha. 2) Perlakuan pupuk kandang kambing terdiri dari 4 aras yaitu K0 = 0 ton/ ha, K1 = 10 ton/ha, K2 = 20 ton/ha, K3 = 30 ton/ha. Diperoleh 16 kombinasi yang diulang sebanyak 3 kali sehingga terdapat 48 unit percobaan yang diacak secara bebas. Berdasarkan hasil percobaan dapat disimpulkan bahwa kombinasi pupuk hayati Bio-Extrim dan pupuk kandang kambing berpengaruh terhadap berat brangkasan basah dan berat brangkasan hasil. Konsentrasi pupuk hayati Bio-Extrim berpengaruh terhadap berat brangkasan basah dan berat brangkasan hasil.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pupuk Hayati Bio-Extrim, Pupuk Kandang Kambing, Tanaman Selada.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Mar 2023 09:10
Last Modified: 17 Mar 2023 09:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35448

Actions (login required)

View Item View Item