SINTESIS NANOPARTIKEL PERAK MENGGUNAKAN EKSTRAK DAUN PEGAGAN (Centella asiatica L.) SEBAGAI BIOREDUKTOR DENGAN BANTUAN IRADIASI MICROWAVE

ILFA, FATHULLOH (2023) SINTESIS NANOPARTIKEL PERAK MENGGUNAKAN EKSTRAK DAUN PEGAGAN (Centella asiatica L.) SEBAGAI BIOREDUKTOR DENGAN BANTUAN IRADIASI MICROWAVE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ILFA FATHULLOH G1C018029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Ilfa Fathulloh (G1C018029).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan bahan kimia sebagai reduktor dalam sintesis nanopartikel perak terbukti tidak efisien karena mahal dan berbahaya bagi lingkungan, ekstrak daun pegagan digunakan sebagai bioreduktor diusulkan sebagai alternatif dalam sintesis nanopartikel perak dengan bantuan iradiasi microwave yang hemat biaya dan ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis nanopartikel perak menggunakan ekstrak daun pegagan sebagai bioreduktor dan mengetahui karakteristik nanopartikel perak yang terbentuk. Sintesis nanopartikel perak dilakukan dengan mereaksikan ekstrak daun pegagan dengan larutan AgNO3 dimana konsentrasi prekursor AgNO3, pH, energi dan lama penyinaran dioptimalkan. Koloid nanopartikel perak yang terbentuk ditunjukkan dengan puncak karakteristik pada 432 nm dan perubahan warna larutan dari kuning menjadi kuning kecoklatan. Nanopartikel perak yang terbentuk mempunyai karakteristik struktur face centered cubic (FCC), berbentuk sferis tidak seragam dengan rata-rata ukuran sebesar 20,06 nm yang diamati dengan analisis TEM dan SEM. Berdasarkan analisis FTIR diketahui gugus fungsi –OH, C=O dan C-O yang kemungkinan terlibat dalam pembentukan nanopartikel perak, sehingga penggunaan daun pegagan sebagai bioreduktor dapat dianggap sebagai metode alternatif yang lebih efektif dalam sintesis nanopartikel perak untuk berbagai aplikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sintesis, Nanopartikel Perak, Daun Pegagan, Bioreduktor, Iradiasi Microwave
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Mar 2023 09:19
Last Modified: 17 Mar 2023 09:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35458

Actions (login required)

View Item View Item