EKSISTENSI PERAJIN GERABAH PADA ERA TEKNOLOGI MODERN: STUDI KASUS DI DESA WISATA BANYUMULEK, KECAMATAN KEDIRI, KABUPATEN LOMBOK BARAT

Siti, Mujibah (2023) EKSISTENSI PERAJIN GERABAH PADA ERA TEKNOLOGI MODERN: STUDI KASUS DI DESA WISATA BANYUMULEK, KECAMATAN KEDIRI, KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Siti Mujibah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Artikel Siti Mujibah.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (423kB)

Abstract

Saat ini kerajinan telah mengalami modernisasi ditandai dengan perkembangan teknologi modern seperti pemanfaatan barang-barang modern. Proses produksi gerabah di Desa Wisata Banyumulek tidak sejalan dengan perkembangan teknologi, perajin gerabah masih menggunakan cara tradisional dalam pengolahannya sehingga menghabiskan waktu yang lama. Penelitian ini mengkaji tentang eksistensi perajin gerabah pada era teknologi modern di Desa Wisata Banyumulek, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) eksistensi perajin gerabah pada era teknologi modern. 2) dampak perkembangan teknologi modern pada aspek produksi dan aspek distribusi kerajinan gerabah. penelitian ini menggunakan Teori Tindakan Sosial Max Weber dan Teori Manusia Modern Alex Inkeles dan David H. Smith. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus untuk mendapatkan data yang lebih mendalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yaitu dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perajin gerabah masih tetap eksis pada era teknologi modern ini. Dilihat berdasarkan tiga indikator yakni kegiatan proses produksi kerajinan gerabah dari waktu ke waktu mengalami perkembangan. Volume produksi sejak dahulu hingga saat ini masih pada kisaran angka yang sama dan Dinamika pemasaran yakni metode pemasaran menggunakan media sosial sehingga dapat diakses oleh konsumen domestik maupun luar negeri. Akibat dari perkembangan teknologi modern ini, menimbulkan sikap, nilai dan pandangan hidup perajin dan pengepul gerabah menjadi lebih baik sehingga terjadi peningkatan karakteristik personal oleh perajin dan pengepul gerabah yaitu: keterbukaan, menerima perubahan sosial, mampu menyatakan pendapat, berorientasi ke masa depan, kedisiplinan, perencanaan dan optimisme.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Eksistensi, Perajin Gerabah, Teknologi Modern
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Mar 2023 09:10
Last Modified: 17 Mar 2023 09:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35465

Actions (login required)

View Item View Item