POLA KOMUNIKASI PUBLIK PEMERINTAH KABUPATEN LOMBOK UTARA UNTUK KESIAPSIAGAAN BENCANA ALAM

Lili Nurindah, Sari (2023) POLA KOMUNIKASI PUBLIK PEMERINTAH KABUPATEN LOMBOK UTARA UNTUK KESIAPSIAGAAN BENCANA ALAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LILI NURINDAH SARI L1B019061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL LILI NURINDAH SARI L1B019061.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait pola komunikasi yang digunakan pemerintah Lombok Utara untuk kesiapsiagaan bencana alam serta hambatan dalam melakukan komunikasi publik tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis dalam penelitian ini menemukan dari serangkaian proses komunikasi publik untuk kesiapsiagaan bencana alam yang dilakukan pemerintah Kabupaten Lombok Utara terdapat aktor dan jejaring komunikasi publik yang melibatkan banyak pihak. Pola komunikasi yang terbentuk dari proses komunikasi tersebut adalah pola komunikasi sirkuler. Selain pola komunikasi sirkuler terdapat pola komunikasi lain yang juga digunakan yakni pola komunikasi primer, sekunder dan linear. Selain itu hambatan komunikasi yang dihadapi dalam komunikasi publik untuk kesiapsiagaan bencana alam di Lombok Utara adalah hambatan teknis dan hambatan semantik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Komunikasi publik, Komunikasi bencana, kesiapsiagaan bencana alam, pola komunikasi, hambatan komunikasi.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Mar 2023 09:19
Last Modified: 17 Mar 2023 09:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35479

Actions (login required)

View Item View Item