PENGARUH PERKAWINAN USIA ANAK TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA KORLEKO KECAMATAN LABUHAN HAJI LOMBOK TIMUR

EKA HIRMAYANI, AGUSTINA (2023) PENGARUH PERKAWINAN USIA ANAK TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA KORLEKO KECAMATAN LABUHAN HAJI LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EKA HIRMAYANI AGUSTINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ARTIKEL (EKA HIRMAYANI AGUSTINA L1C018027.pdf

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah perkawinan usia anak yang mengalami peningkatan pada masa pandemi covid-19. Covid-19 yang melanda, sangat memengaruhi segala aspek kehidupan masyarakat terutama dalam hal pekerjaan dan juga pendidikan terutama setelah pemerintah menerapkan ketentuan Work From Home (WFH) yang dimana bekerja, sekolah, beribadah dan sebagainya dilakukan dari rumah secara daring (online). Hal inilah yang membuat perkawinan usia anak mengalami peningkatan, begitu juga dengan adanya perubahan dalam kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perkawinan usia anak terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat pada masa pandemi covid-19 di Desa Korleko. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan uji regresi linear sederhana. Penelitian ini juga dianalisis menggunakan teori pilihan rasional dari James S Coleman. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara perkawinan usia anak terhadap kehidupan sosial ekonomi yang dilihat dari hasil nilai analisis regresi linear sederhana dimana perkawinan usia anak memiliki nilai 0,436 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 pada taraf signifikansi (α = 0,05) sehingga nilai signifikansi lebih kecil ( < ) dibanding taraf signifikansi maka (0,000 < 0,05) sehingga dapat dikatakan bahwa H1 diterima yang mengatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara perkawinan usia anak terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat pada masa pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perkawinan Usia Anak, sosial ekonomi, masyarakat, covid-19
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:37
Last Modified: 30 Mar 2023 04:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35487

Actions (login required)

View Item View Item