STRATEGI PERSONAL BRANDING ANGGOTA KOMUNITAS MASTER OF CEREMONY LOMBOK (MCL) DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DIRI DI MASYARAKAT

GINA, ANGGRAINI (2023) STRATEGI PERSONAL BRANDING ANGGOTA KOMUNITAS MASTER OF CEREMONY LOMBOK (MCL) DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DIRI DI MASYARAKAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Gina Anggraini L1B018041.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Gina.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Perkembangan profesi MC hingga saat ini masih banyak dibutuhkan oleh para penyelenggara acara. Namun, penyelenggara acara juga ingin menggunakan MC yang bagus secara kualitas dan branding di masyarakat. Oleh sebab itu, para MC dituntun untuk terus menjaga kualitas diri dan eksistensinya di masyarakat. Komunitas Master of Ceremony Lombok (MCL) salah satu komunitas atau paguyuban Master of Ceremony di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Komunitas ini kerap kali mengadakan event-event yang selalu mengedepankan public speaking untuk MC pemula maupun teman-teman yang ingin menjadi seorang MC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi personal branding anggota komunitas MC Lombok dalam mempertahankan eksistensi diri di masyarakat. Metode penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Selanjutnya, uji keabsahan data dengan menggunakan metode triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan para informan utama melakukan perencanaan yang mempertimbangkan segala aspek, aspek tersebut berdasarkan unsur-unsur komunikasi tentang perencanaan menurut Cutlip dan Center dalam Danandjaja (2011) mulai dari sumber informasi, pesan, media sampai kepada penentuan komunikan. komunitas MCL Lombok menerapkan empat tahap membentuk personal branding menurut menurut Tamvecius Bimo Kaspun Nuri, Mudjiburrahman Idrus, Sinta Sukma Dewi, dan Hemas Tirta Perwitasari merupakan MC yang memiliki kualitas yang baik dan memiliki personal branding yang baik. Para informan menjaga eksistensinya di tengah masyarakat dengan selalu menjaga kualitas dan meningkatkan pengetahuan mereka setiap harinya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Personal Branding, MCL, Eksistensi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:37
Last Modified: 30 Mar 2023 04:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35492

Actions (login required)

View Item View Item