POLA KOMUNIKASI OMBUDSMAN RI PERWAKILAN NUSA TENGGARA BARAT DALAM PELAKSANAAN PENCEGAHAN DAN PENGAWASAN PUNGUTAN LIAR DI DINAS SOSIAL KOTA MATARAM

Muhamad Emil, Rachyan (2023) POLA KOMUNIKASI OMBUDSMAN RI PERWAKILAN NUSA TENGGARA BARAT DALAM PELAKSANAAN PENCEGAHAN DAN PENGAWASAN PUNGUTAN LIAR DI DINAS SOSIAL KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMAD EMIL RACHYAN (L1B018073).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Emil.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implenmentasi pola komunikasi Ombudsman RI perwakilan Nusa Tenggara Barat dalam pelaksanaan pencegahan dan pengawasan pungutan liar di Dinas Sosial Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan dekskriptif. Subjek penelitian ini adalah staff Ombudsman RI Provinsi NTB dan staff Dinas Sosial Kota Mataram, dengan menggunakan 3 informan utama dan 6 informan pendukung. Sementara itu, objek penelitian ini ialah pola komunikasi Ombudsman RI perwakilan NTB dalam Pelaksanaan Pencegahan dan pengawasan Pungutan Liar di Dinas Sosial Kota Mataram. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan studi dokumentasi dalam mengumpulkan data penelitian. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah model dari Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penulis menggunakan triangulasi sumber dalam menguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi Ombudsman NTB dalam melakukan pencegahan dan pengawasan terhadap pungutan liar di Dinas Sosial Kota Mataram, seperti pola komunikasi rantai yang digunakan dalam organisasi dan pola komunikasi bintang (semua arah) yang digunakan di luar organisasi. Media yang sering digunakan Ombudsman RI NTB adalah media sosial seperti website, instagram, whatsapp, media yang digunakan di luar ruangan lebih banyak menggunakan banner dalam memberikan informasi terkait pencegahan pungutan liar

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola Komunikasi,Ombudsman, Dinas Sosial, Pungutan Liar
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:37
Last Modified: 30 Mar 2023 04:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35493

Actions (login required)

View Item View Item