KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 MATARAM PADA MATERI POLA BILANGAN YANG MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MELALUI WHATSAPP TAHUN PELAJARAN 2021/2022

EKA SAFITRI, SEPTIARINI (2023) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 MATARAM PADA MATERI POLA BILANGAN YANG MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MELALUI WHATSAPP TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Baru fix (Eka Safitri Septiarini_kemampuan pemecahan masalah siswa).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Artikel_eka safitri.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LoA JURNAL Griya Eka Safitri Septiarini.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP negeri 17 Mataram pada materi pola bilangan yang menggunakan pembelajaran melalui WhatsApp tahun pelajaran 2021/2022 dan mengidentifikasi masalah-masalah yang dijumpai oleh guru maupun siswa dalam proses pembelajaran melalui WhatsApp. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling yakni kelas VIII A sebanyak 26 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah pemberian tes, penyebaran angket respon siswa, serta wawancara. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa 61,39 yang termasuk dalam kategori kurang dengan rincian, 15 siswa atau sebesar 57,70% siswa dengan kemampuan pemecahan masalah kurang (belum mampu melakukan semua tahapan dengan lengkap), 3 siswa atau sebesar 11,54% siswa dengan kemampuan pemecahan masalah cukup (belum mampu melakukan tahapan menemukan strategi, menggunakan strategi, dan melihat kembali dengan lengkap), 2 siswa atau sebesar 7,69% dengan kemampuan pemecahan masalah baik (belum mampu melakukan tahapan memahami masalah dan melihat kembali dengan lengkap), 6 siswa atau sebesar 23,07% siswa dengan kemampuan pemecahan masalah sangat baik (belum mampu melakukan tahapan melihat kembali dengan lengkap). Terdapat kendala yang dijumpai guru dalam proses pembelajaran melalui WhatsApp yaitu koneksi internet siswa, sebagian siswa belum tau cara mereply jawaban dengan benar, kesulitan dalam menjelaskan tahapan pemecahan masalah dengan baik. Sedangkan kendala yang dijumpai siswa yaitu, jaringan internet, motivasi, pemberian tugas, dan pemahaman terhadap tahapan pemecahan masalah, serta materi pelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kemampuan pemecahan masalah; Polya; pembelajaran melalui WhatsApp.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:37
Last Modified: 30 Mar 2023 04:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35494

Actions (login required)

View Item View Item