SINTESIS NANOPARTIKEL PERAK SEDERHANA DENGAN IRADIASI MICROWAVE MENGGUNAKAN EKSTRAK DAUN KERSEN (Mutingia calabura L.) SEBAGAI BIOREDUKTOR

IRMA, WANTI (2023) SINTESIS NANOPARTIKEL PERAK SEDERHANA DENGAN IRADIASI MICROWAVE MENGGUNAKAN EKSTRAK DAUN KERSEN (Mutingia calabura L.) SEBAGAI BIOREDUKTOR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IRMAWANTI G1C018031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi Irmawanti (G1C018031).pdf

Download (725kB) | Preview

Abstract

Nanopartikel perak dapat disintesis dengan cara sederhana menggunakan iradiasi microwave yang memanfaatkan daun kersen (Mutingia calabura L.) sebagai bioreduktor. Pembentukan nanopartikel perak dikonfirmasi dengan perubahan warna larutan dari kuning menjadi kuning kecoklatan. Kondisi optimum untuk mensintesis nanopartikel perak yaitu pada konsentrasi 0,01 M, pH 7, energi microwave dengan daya 20 % dan waktu iradiasi selama 9 menit. Nanopartikel perak yang disintesis diketahui memiliki stabilitas yang baik. Karakterisasi ukuran dan morfologi nanopartikel perak yang disintesis dilakukan menggunakan spektroskopi UV-Vis, FTIR, XRD, TEM, dan SEM. Analisis menggunakan UV-Vis diperoleh panjang gelombang maksimum nanopartikel perak pada 413 nm. Analisis FTIR menunjukkan bahwa gugus hidroksil (-OH) dan karbonil (C=O) ekstrak daun kersen berperan penting dalam sintesis nanopartikel perak. Analisis XRD menunjukkan adanya kesesuaian pola difraksi dengan referensi dan disimpulkan terbentuk kristal nanopartikel perak berupa Face Centered Cubic (FCC). Hasil analisis menggunakan TEM menunjukkan bahwa nanopartikel perak yang terbentuk dalam skala nanometer dengan ukuran terkecil yaitu 12,987 nm dan terbesar 37,988 nm. Ukuran rata-rata nanopartikel perak yaitu 22,28 nm. Morfologi nanopartikel perak menggunakan SEM terlihat partikel berbentuk spherical.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): sintesis, nanopartikel perak, iradiasi microwave, daun kersen.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:36
Last Modified: 30 Mar 2023 04:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35498

Actions (login required)

View Item View Item