IDENTIFIKASI METABOLIT SEKUNDER DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI FRAKSI BASA KULIT BATANG TUMBUHAN PULAI (Alstonia scholaris R.Br)

DUWIYANDI PUTRI, ELYA (2023) IDENTIFIKASI METABOLIT SEKUNDER DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI FRAKSI BASA KULIT BATANG TUMBUHAN PULAI (Alstonia scholaris R.Br). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI- IDENTIFIKASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER DAN UJI AKT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH - IDENTIFIKASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER DAN.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Tumbuhan pulai (Alstonia scholaris R.Br) termasuk dalam famili Apocynaceae merupakan tumbuhan khas pulau Lombok dan secara tradisional digunakan sebagai tumbuhan obat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metabolit sekunder dan uji aktivitas antibakteri dari fraksi basa kulit batang pulai. Kulit batang pulai diekstraksi dengan metode maserasi dan ekstraksi asam-basa. Tahap analisis dilakukan secara fitokimia dan metode GC-MS serta uji aktivitas antibakteri menggunakan metode difusi secara sumuran. Hasil analisis uji fitokimia menunjukkan bahwa fraksi basa kulit batang pulai positif mengandung golongan senyawa alkaloid, terpenoid dan tanin. Hasil analisis dengan metode GC-MS menunjukkan bahwa fraksi basa kulit batang pulai mengandung senyawa n-(2,6-dimetilfenil) formamida (32.09 %), mentol (27.71 %) dan 1,3,3-trimetilbisiklo[2.2.1]heptan-2-ol (14.27 %). Hasil uji aktivitas antibakteri fraksi basa kulit batang pulai pada konsentrasi 50 ppm, 100 ppm, 150 ppm, dan 200 ppm masingmasing memiliki zona hambat pada setiap bakteri. Zona hambat terbesar pada pertumbuhan bakteri Bacillus cereus, Escherichia coli, Shigella dysenteriae, Vibrio harveyi, dan Salmonella typhi terbentuk pada konsentrasi 50 ppm dengan diameter zona hambat berturut-turut yaitu 16.3 mm, 14 mm, 11.6 mm, 19.6 mm, dan 15.3 mm

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Alstonia scholaris R.Br, antibakteri, fraksi Basa, GC-MS
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:36
Last Modified: 30 Mar 2023 04:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35503

Actions (login required)

View Item View Item