STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SURAT KABAR SUARA NTB DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI KOTA MATARAM

Ivan Afrian, Ananta (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SURAT KABAR SUARA NTB DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Ivan Afrian A - Skripsi copy ttd lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi (Ivan Afrian Ananta).pdf

Download (520kB) | Preview

Abstract

Informasi menjadi kebutuhan sehari-hari yang tidak bisa diabaikan keberadaanya. Surat kabar yang memiliki peranan penting dalam penyebaran informasi pada tahun 1990-an, dan kini mulai mengalami penurunan pembaca. Begitupun yang terjadi pada Surat Kabar Suara NTB yang merupakan media cetak terbesar di Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran surat kabar suara NTB dalam menghadapi persaingan di kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Kegiatan yang dilakukan berdasarkan metode tersebut adalah wawancara, observasi tidak langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh suara NTB menggunakan model komunikasi terintegrasi atau Integration Marketing Communication (IMC). Beberapa strategi yang digunakan oleh suara NTB yaitu dengan melakukan promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, penjualan langsung, acara dan pengalaman, social media marketing, electronic marketing dan relationship marketing. Dengan menggunakan strategi komunikasi tersebut surat kabar Suara NTB mampu meningkatkan pelanggan dan bersaing dengan perusahaan surat kabar yang ada di kota mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): komunikasi, pemasaran, surat kabar
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:36
Last Modified: 30 Mar 2023 04:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35506

Actions (login required)

View Item View Item