PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI

Nadia, Hasnawati (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NADIA HASNAWATI (E1S018048).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL NADIA HASNAWATI (E1S018048).pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Assurance Relevance Interest Assesment Satisfaction (ARIAS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sosiologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis Quashi eksperimental design tipe pretes-posttest control group design dengan populasi semua kelas XI IPS dan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sama, masing-masing berjumlah 20 orang. Instrument dalam penelitian ini berupa tes soal pilihan ganda yang sudah memenuhi persyaratan kualitas instrument. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah satatistik deskriptif dan uji T two sampel indepdendent tes dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurance Relevance Interest Assessment Satissfaction) berbantuan media google classroom terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sosiologi dengan rata-rata nilai pada kelas kontrol (XI IPS 1) 72,15 dan kelas eksperimen (XI IPS 2) 80. Hasil nilai rata-rata kelas eksperimen menunjukkan lebih besar daripada kelas kontrol sehingga, model pembelajaran ARIAS berbantuan media google classroom memiliki efek terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran ARIAS, Media Google Classroom, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:36
Last Modified: 30 Mar 2023 04:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35510

Actions (login required)

View Item View Item