Komunikasi Ritual Adat Penamat (Studi Etnografi Komunikasi pada Masyarakat Petorok Desa Pendem Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat)

Yunita, Sari (2023) Komunikasi Ritual Adat Penamat (Studi Etnografi Komunikasi pada Masyarakat Petorok Desa Pendem Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Yunita Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Yunita Sari.pdf

Download (281kB) | Preview

Abstract

Ritual adat Penamat sebenarnya merupakan ritual adat yang dilakukan dalam prosesi ritual yang berkaitan dengan kehidupan maupun kematian. Akan tetapi karena perkembangan zaman, menciptakan pergeseran terhadap esensi dan value ritual tersebut. Sehingga saat ini, sudah banyak terjadi modifikasi terhadap ritual adat Penamat ini. Mulai dari jenis jajan yang digunakan sampai proses pembuatannya. Bahkan, ritual adat Penamat yang dilakukan sebagai rangkaian adat kematian sudah hampir hilang dari masyarakat Lombok. Akan tetapi, beruntungnya masyarakat Petorok masih melestarikan ritual adat tersebut tanpa ada sentuhan modernisasi dan masih mengukuti aturan yang memang sudah diturunkan oleh nenek moyang sebelumnya. Oleh karena itu, peneliti melalui penelitian ini berusaha mengungkap makna yang terdapat dibalik ritual adat Penamat yang dilaksanakan oleh masyarakat petorok dengan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi komunikasi dengan konsep interaksi simbolik. Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa komunikasi ritual yang terjadi tercermin dalam setiap tahapan rangkaian ritual ada Penamat yang dibagi menjadi tiga tahap yaitu pra pelaksanaan, pelaksanaan, dan pasca pelaksanaan. Walaupun dibagi menjadi tiga tahap tersebut, inti dari ritual adat Penamat itu tetap terletak pada prosesi pelaksaan pembuatannya, yaitu pembuatan Penamat itu sendiri yang berupa gunungan jajan tradisional yang disusun dan dihias sedemikian rupa oleh masyarakat Petorok

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Etnografi Komunikasi, Ritual Adat, Penamat, Simbol
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:35
Last Modified: 30 Mar 2023 04:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35516

Actions (login required)

View Item View Item