PENGARUH KONFIGURASI KOMPOSIT HYBRID FIBERGLASS, RAMI DAN BAMBU DENGAN MATRIKS POLYESTER TAK JENUH PADA KEKUATAN INTERLAMINAR

DIMI FRASEPTA, ILHAMI (2023) PENGARUH KONFIGURASI KOMPOSIT HYBRID FIBERGLASS, RAMI DAN BAMBU DENGAN MATRIKS POLYESTER TAK JENUH PADA KEKUATAN INTERLAMINAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir Dimi Frasepta Ilhami F1C116010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tanaman rami (Boehmeria Nivea) adalah sumber bahan baku serat tekstil alam tumbuh – tumbuhan, sebagaimana halnya dengan serat kapas, linen (flax) dan sejenisnya. Sejak jaman dahulu rami digunakan untuk bahan pembuat pakaian dan juga sebagai baju perang karena keuletan rami mampu menahan sabetan pedang, bahkan sekarang serat rami diteliti oleh pihak militer untuk bahan pembuatan baju anti peluru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konfigurasi komposit hybrid fiberglass, bambu dan rami bermatriks polyester tak jenuh pada sifat kekuatan interlaminar dengan metode cetak Vacuum Assisted Resin Infusion (VARI). Konfigurasi yang diteliti adalah dengan susunan serat, B2R3B2, R2B3R2, FaBR3BFa, Fa2R3Fa2, FaRB3RFa dan (dimana Fa = fiberglass anyam, B = anyaman bambu, R = anyaman rami) dan untuk mendapatkan kekuatan interlaminar dilakukan pengujian kekuatan interlaminar dengan metode shorth beam shear (SBS). Hasil penelitian ini sebagian menunjukan bahwa kekuatan SBS komposit hybrid, dimana serat rami sebagai inti lebih tinggi dibandingkan dengan serat bambu sebagai inti dan pengaruh kulit terluar komposit hybrid baik serat rami atau serat bambu sebagai inti dapat meningkatkan kekuatan geser interlaminar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Komposit, polyester tak jenuh (resin yukalac), hardener, kekuatan interlaminar, metode short beam shear (SBS)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Mar 2023 14:18
Last Modified: 02 Mar 2023 14:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35518

Actions (login required)

View Item View Item