EVALUASI POTENSI RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PROYEK PEMBANGUNAN PLTMGU LOMBOK (PEAKER) 130 – 150 MEGAWATT DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA)

GILANG RIZKI, PURNAMA (2023) EVALUASI POTENSI RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PROYEK PEMBANGUNAN PLTMGU LOMBOK (PEAKER) 130 – 150 MEGAWATT DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir-Gilang Rizki Purnama (F1A118032).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah-Gilang Rizki Purnama (F1A118032).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proyek Pembangunan PLTMGU Lombok (Peaker) 130-150 Megawatt (Mw) merupakan salah satu proyek PT PLN (Persero) yang dikerjakan oleh Konsorsium PT Pembangunan Perumahan (Persero) tbk - Wartsila. Dalam pelaksanaannya mempunyai tingkat risiko kcelakaan kerja yang cukup tinggi. Tujuan dari penelitain ini yaitu Memahami faktor-faktor yang memiliki risiko kecelakaan paling tinggi berdasarkan metode Job Safety Analysis (JSA). Data dalam penelitain ini didapat melalui penyebaran kuesioner kepada pihak – pihak yang tergabung dalam pelaksanaan proyek PLTMGU Lombok (Peaker) 130 – 150 Mw. Untuk menentukan klasifikasi risiko seperti : Low, Medium, High dan Very High dilakukan penilaian risiko berdasarkan potensi bahaya yang didapat melalui uji kuesioner dan diambil prosentase tertinggi, nilai yang didapat akan dianalisa dengan pedoman standar AZ/NZS 4360 : 2004 dengan menggunakan metode JSA (Job Safety Analysis). Hasil dari analisis dengan 28 tahapan aktivitas diperoleh jenis pekerjaan dengan risiko sedang adalah pekerjaan pemancangan, pekerjaan pembobokan pondasi pancang, pekerjaan pengecatan dan pekerjaan finishing lantai, sedangkan untuk tingkat risiko paling tinggi adalah pekerjaan bongkar pasang scaffolding, erection wall panel, pemancangan pondasi intake head, pemasangan intake head, transfer material pipa (laut) dan pemasangan pipa (offshore)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Risiko, Kecelakaan Kerja, Job Safety Analysis
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Mar 2023 13:41
Last Modified: 02 Mar 2023 13:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35521

Actions (login required)

View Item View Item