PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN ALAT PERAGA SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK

Baiti Syamsinar, Zaidah (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN ALAT PERAGA SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_BAITI.SYAMSINAR.Z_(E1Q018013).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
6805-23947-1-PB.pdf

Download (722kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis masalah berbantuan alat peraga suhu dan kalor yang layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep suhu dan kalor peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D atau pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Dessiminate). Produk hasil penelitian pengembangan berupa perangkat pembelajaran berbasis masalah berbantuan alat peraga suhu dan kalor berupa silabus, RPP, LKPD, dan instrumen tes penguasaan konsep. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon peserta didik, dan angket respon guru. Kelayakan perangkat pembelajaran diperoleh dari validitas dan reliabilitas. Validitas perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil penilaian 3 validator ahli dan 2 validator praktisi menggunakan skala likert. Reliabilitas perangkat pembelajaran diukur menggunakan Precentage Agreement (PA). Kepraktisan diperoleh dari respon peserta didik dan respon guru. Efektvitas perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil tes penguasaan konsep peserta didik yang dianalisis menggunakan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata persentase kevalidan perangkat pembelajaran sebesar 83,4% dengan kategori sangat valid dan nilai rata-rata reliabilitas sebesar 90,5% dengan kategori sangat reliabel. Berdasarkan respon peserta didik dan guru, nilai rata-rata kepraktisan perangkat pembelajaran yaitu 85,4% dan 78,8% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan nilai pretest dan posttest diperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 72% dengan kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis masalah berbantuan alat peraga suhu dan kalor sangat layak, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penguasaan konsep, perangkat pembelajaran, suhu dan kalor, pembelajaran berbasis masalah
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Mar 2023 13:35
Last Modified: 02 Mar 2023 13:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35538

Actions (login required)

View Item View Item