EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JENIS MADU YANG BERBEDA PADA MASKULINISASI IKAN CUPANG (Betta sp.) DENGAN METODE PERENDAMAN INDUK

Reza Maulana, Abdani (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JENIS MADU YANG BERBEDA PADA MASKULINISASI IKAN CUPANG (Betta sp.) DENGAN METODE PERENDAMAN INDUK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI REZA MAULANA ABDANI (C1K018049).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Reza artikel Ilmiah (C1K018049).pdf

Download (446kB) | Preview

Abstract

Ikan cupang (Betta sp) termasuk dalam varietas ikan hias air tawar dengan warna serta tubuh yang menarik dan indah. Namun, ikan cupang jantan lebih diminati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perendaman induk ikan cupang (Betta sp) menggunakan tiga jenis madu yang berbeda pada persentase ikan jantan melalui perendaman induk. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan yaitu P0 (kontrol), P1 (madu hutan), P2 (madu ternak), dan P3 (madu bakau), sehingga terdapat 12 unit percobaan. Analisis terhadap persentase kelamin jantan dilakukan menggunakan analysis of variance (ANOVA) dan uji Duncan. Hasil perhitungan tingkat kelangsungan hidup berkisar antara 50 – 53%, nilai fekunditas berkisar anatara 160 – 245, nilai hatching rate berkisar antara 53 – 58%, pertumbuhan berat mutlak menunjukkan nilai yang relative sama yaitu 0,61 - 0,70g, dan pertumbuhan berat spesifik menunjukkan nilai 2,84 - 2,90%. Nilai parameter kualitas air suhu, pH dan DO Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia, Vol (No): hal (tahun) ISSN : 2303-2960 Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia Nama akhir penulis et al., (tahun) yang didapat selama penelitian masih dalam kondisi optimal untuk pemeliharaan ikan cupang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perlakuan dengan penggunaan madu bakau merupakan perlakuan dengan nilai efektivitas yang paling tinggi terhadap pengarahan jenis kelamin ikan cupang (Betta sp) menjadi jantan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ikan Cupang, Maskulinisasi, Madu
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Mar 2023 13:25
Last Modified: 02 Mar 2023 13:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35554

Actions (login required)

View Item View Item