PENGARUH PENGALIHAN PERAN PENGASUH TERHADAP PERILAKU ANAK (Kasus pada Anak-Anak Pekerja Migran Indonesia di Desa Wanasaba Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur)

Baiq Zurriyyatul, Hurriyyah (2023) PENGARUH PENGALIHAN PERAN PENGASUH TERHADAP PERILAKU ANAK (Kasus pada Anak-Anak Pekerja Migran Indonesia di Desa Wanasaba Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Baiq Zurriyyatul Hurriyyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Baiq Zurriyyatul Hurriyyah.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh pengalihan peran pengasuh terhadap perilaku pada anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Desa Wanasaba Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengalihan Peran Pengasuh Terhadap Perilaku anak-anak pekerja migran Indonesia di Desa Wanasaba, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku anak-anak pekerja migran Indonesia di Desa Wanasaba, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan dua teori diantaranya teori fungsionalisme structural dari Talcott Parsons dan teori tindakan sosial dari Max Weber. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Hubermas yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa pengalihan peran pengasuh berpengaruh terhadap perilaku anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) yakni: anak berperilaku mandiri, anak berperilaku manja, anak menjadi suka menyendiri dan jarang bersosialisasi, anak menjadi tidak percaya diri atau minder. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku anak Pekerja Migran Indonesia diantaranya yakni faktor internal terdiri dari kondisi emosi, dan dorongan/motivasi dan keluarga (pola asuh). Adapun faktor eksternalnya terdiri dari orang terdekat (tetangga) dan teman sebaya

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Anak, Pegalihan Peran Pengasuh, Pekerja Migran
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Mar 2023 13:18
Last Modified: 02 Mar 2023 13:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35567

Actions (login required)

View Item View Item