Rina Ardianti, Rukmana (2023) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN KEPERCAYAANDIRITERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKASISWA KELAS X SMAN 2 NARMADATAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi fix (27-02-2023).pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
Text
artikel rina.pdf Download (422kB) | Preview |
|
Text
Bukti Submit Artikel Griya Rina Ardianti Rukmana.pdf Restricted to ["security_typename_anyone" not defined] Download (108kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masing-masing pengaruh antarakebiasaan belajar dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswakelas X SMAN 2 Narmada tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalahpenelitian ex post facto. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebasyaitu kebiasaan belajar dan kepercayaan diri, dan variabel terikatnya yaituhasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XIPASMAN 2 Narmada dengan jumlah 39 siswa. Adapun sampel yang digunakanadalah sampel jenuh dimana seluruh populasi menjadi sampel dalampenelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner danmetode tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket kebiasaanbelajar, angket kepercayaaan diri dan soal tes hasil belajar matematika denganmateri fungsi komposisi dan fungsi invers. Selanjutnya, teknik analisis data dalampenelitian ini adalah analisis statistik inferensial dengan analisis korelasi parsial serta regresi linier sederhana yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukanuji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) kebiasaan belajar memiliki pengaruhpositif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) kepercayaandiri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | kebiasaan belajar, kepercayaan diri, hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 13:17 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 13:17 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35568 |
Actions (login required)
View Item |