PERANCANGAN JEMBATAN SARIBAYE-KARANG BAYAN MENGGUNAKAN STRUKTUR KOMPOSIT DAN PELENGKUNG BAJA

BAIQ TAMARA, ADEMANTIKA (2023) PERANCANGAN JEMBATAN SARIBAYE-KARANG BAYAN MENGGUNAKAN STRUKTUR KOMPOSIT DAN PELENGKUNG BAJA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR BAIQ TAMARA ADEMANTIKA( F1A018019).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img] Text
ARTIKEL ILMIAH BAIQ TAMARA ADEMANTIKA (F1A018019).pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (765kB)

Abstract

Perancangan jembatan Saribaye – Karang Bayan di desain dengan panjang 60 meter dan lebar 7 meter dengan tipe jembatan komposit dan pelengkung baja. Dalam penelitian ini akan dilakukan perencanaan dengan type struktur jembatan busur baja tipe deck arch bridge. Dengan dibangunnya jembatan tersebut diharapkan dapat membuka akses jalan baru Desa Saribaye serta mengurangi jarak tempuh dan menghemat waktu perjalanan dari Desa Saribaye menuju Desa Karang Bayan. Konstruksi pelengkung baja dapat mengurangi dimensi struktur, mempunyai kekuatan yang tinggi, dan memiliki keseragaman dan keawetan yang tinggi, sehingga dari segi dimensi struktur yang di rencanakan akan jauh lebih efisien dan dari segi estetik jembatan pelengkung memiliki nilai tersendiri. Perencanaan jembatan ini dimulai dengan penjelasan mengenai latar belakang, pemilihan konstruksi jembatan, perumusan tujuan hingga lingkup pembahasan diikuti dengan dasar – dasar perencanaan menggunakan SNI 1725:2016. Dari data-data perencanaan kemudian dilakukan analisa pembebanan menggukan program SAP2000 terdiri dari berat sendiri (MS), beban mati tambahan (MA), beban lajur “D” (TB), beban pejalan kaki (TP), beban angin struktur (EWS), beban angin kendaraan (EWL), dan beban gempa (EQ). Selanjutnya dari hasil analisa pembebanan dilakukan analisa profil baja dan perhitungan sambungan. Hasil dari perencanaan ini adalah didapatkan dimensi struktur penyusun lantai kendaraan dengan tebal 250 cm, gelagar memanjang yaitu WF 500.300.14.26; diafragma WF.300.150.8.12; balok melintang WF.700.300.15.30; kolom penghubung dengan 4 variasi profil, dan balok pelengkung dibuat berkombinasi dengan kombinasi profil semakin mengecil terhadap puncak pelengkung , dimana bentang pelengkung baja yaitu 52 meter dengan tinggi pelengkung 8,96 meter. Pondasi menggunakan pondasi sumuran dengan diameter 4 m dan kedalaman 2 m dengan menggunakan mutu beton f’c 30 MPa dan mutu baja fy 420 MPa Hasil perhitungan dituangkan dalam gambar Teknik menggunakan program Autocad

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jembatan Pelengkung, Deck Arch, Baja, Komposit
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Mar 2023 13:13
Last Modified: 02 Mar 2023 13:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35586

Actions (login required)

View Item View Item