ANALISIS OPTIMASI BIAYA DAN WAKTU DENGAN METODE CRASHING PROGRAM PADA PEKERJAAN PROYEK GEDUNG IBU DAN ANAK RSUD DR. RADEN SOEDJONO SELONG LOMBOK TIMUR MENGGUNAKAN MS. PROJECT 2016

I Putu Aditya, Pratama (2023) ANALISIS OPTIMASI BIAYA DAN WAKTU DENGAN METODE CRASHING PROGRAM PADA PEKERJAAN PROYEK GEDUNG IBU DAN ANAK RSUD DR. RADEN SOEDJONO SELONG LOMBOK TIMUR MENGGUNAKAN MS. PROJECT 2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Makalah Tugas Akhir I Putu Aditya Pratama-F1A018036.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text
Artikel Tugas Akhir I Putu Aditya Pratama-F1A018036.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (2MB)

Abstract

Proyek Pembangunan Gedung Ibu dan Anak RSUD Dr. Raden Soedjono Selong, Lombok Timur direncanakan selama 150 hari dengan nilai kontrak sebesar Rp50.735.000.000,00.-. Proyek diketahui sempat mengalami keterlambatan dalam pekerjaan struktur yang menyebabkan proyek membutuhkan waktu hingga 166 hari. Hal ini disebabkan oleh faktor manajemen yang kurang mantap dalam pengendalian proyek. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil kinerja proyek bila diberikan perlakuan metode percepatan pekerjaan (crashing) dilihat dari segi biaya dan waktu serta membandingkan biaya perencanaan dan pelaksanaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu menggambarkan kondisi proyek dengan analisis data-data yang ada. Secara teknis, analisis data menggunakan Metode Critical Path Network. Metode Critical Path Network menyajikan informasi berupa kegiatan-kegiatan yang berada pada jalur kritis kemudian diberikan penambahan resource berupa jam kerja lembur serta sistem kerja shift. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa penyelesaian proyek dapat dipercepat hingga 156 hari dengan opsi lembur 1 jam, 150 hari dengan lembur 2 jam, 143 hari dengan lembur 3 jam dan 122 hari dengan kerja sistem shift. Diketahui dengan sistem kerja shift, proyek akan selesai dengan waktu yang cukup singkat namun dengan kenaikan biaya langsung yang cukup signifikan. Namun, pada akhir proyek, proyek akan menghemat biaya total sebesar Rp354,757,148.82.-.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): crashing, critical path method, resource, pengendalian proyek
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Mar 2023 13:09
Last Modified: 02 Mar 2023 13:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35590

Actions (login required)

View Item View Item