PENGARUH PERILAKU BERKENDARA BERDASARKAN ASPEK EKONOMI DI PULAU LOMBOK DENGAN SEM - WarpPLS The Effect of Driving Behavior Based on The Economic Aspects at Lombok Island by using SEM – WarpPLS Program

COK ISTRI MAHADEWI, PRANANINGTYAS SUMAMPAN (2023) PENGARUH PERILAKU BERKENDARA BERDASARKAN ASPEK EKONOMI DI PULAU LOMBOK DENGAN SEM - WarpPLS The Effect of Driving Behavior Based on The Economic Aspects at Lombok Island by using SEM – WarpPLS Program. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Makalah Tugas Akhir Cok Istri Mahadewi P.S F1A018023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Tugas Akhir Cok Istri Mahadewi P.S F1A018023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Data dari Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat dalam 3 tahun terakhir (2019 -2021) tercatat jumlah kecelakaan lalu lintas di Pulau Lombok sebanyak 3.070 kasus. Salah satu faktor yang menyebabkan tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas adalah faktor pengemudi sebesar 93,52%. Selain itu, dapat diakibatkan oleh beberapa aspek ekonomi lainnya seperti aspek penghasilan, jenis pekerjaan dan jumlah kepemilikan kendaraan, sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah aspek ekonomi dapat mempengaruhi perilaku berkendara terhadap kecelakaan lalu lintas. Terdapat tiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: variabel perilaku (B), pelanggaran lalu lintas (V) dan kecelakaan lalu lintas (A). Structural Equation Modeling (SEM) adalah salah satu teknik analisis multivariat yang digunakan untuk menganalisis hubungan antar variabel yang lebih kompleks dibandingkan dengan analisis regresi dan analisis faktor. Proses SEM tidak dapat dilakukan secara manual, karena kompleksitas model dan alat statistik yang digunakan, sehingga perlu software yaitu WarpPLS 7.0. Software ini digunakan untuk mengetahui pengaruh perilaku berkendara (B) terhadap kecelakaan lalu lintas (A) dengan pelanggaran lalu lintas (V) sebagai variabel mediasi. Aspek penghasilan memiliki pengaruh yang signifikan dengan nilai pengaruh rata-rata sebesar 28,50%, kemudian aspek pekerjaan sebesar 22,65% dan aspek jumlah kepemilikian kendaraan sebesar 18,60%. Hal ini menunjukkan bahwa penghasilan seseorang memiliki pengaruh yang kuat dalam perilaku berkendara dibandingkan dengan aspek lainnya

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perilaku berkendara, pelanggaran lalu lintas, kecelakaan lalu lintas, SEM, WARPPLS.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Mar 2023 13:09
Last Modified: 02 Mar 2023 13:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35591

Actions (login required)

View Item View Item