PENERAPAN PEMBELAJARAN AC TIVE DEBATE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS2 PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 UTAN, SUMBAWA

RUDI, ARNAL (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN AC TIVE DEBATE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS2 PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 UTAN, SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RUDI ARNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL RUDI ARNAL.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Utan Sumbawa dengan menerapkan model pembelajaran Active Debate. Pembelajaran ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi, 1 siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi pada siklus I sebesar 41,37%, kurang baik kemudian pada siklus II meningkat menjadi 89,65% kemampuan komunikasi baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 27,58%, siswa yang mencapai KKM ketuntasan dan mengalami peningkatan pada siklus II 82,75%. Hal tersebut membuat peningkatan pada kemampuan komunikasi sebanyak 48,28% dan hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 55,17%. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Active Debate dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Utan Sumbawa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran Active Debate, kemampuan komunikasi, hasil belajar, mata pelajaran soiologi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Mar 2023 13:08
Last Modified: 02 Mar 2023 13:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35592

Actions (login required)

View Item View Item