SISTEM PERINGATAN DINI BANJIR MENGGUNAKAN PERANGKAT KOMUNIKASI NIRKABEL LORA 920 MHz : LOKASI WISATA SUNGAI TENTEN LOMBOK TIMUR

Baiq Hidayatul, Zohriah (2023) SISTEM PERINGATAN DINI BANJIR MENGGUNAKAN PERANGKAT KOMUNIKASI NIRKABEL LORA 920 MHz : LOKASI WISATA SUNGAI TENTEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL_TA_BAIQ HIDAYATUL ZOHRIAH_F1B018074.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] Text
TA_BAIQ HIDAYATUL ZOHRIAH_F1B018074..pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (15MB)

Abstract

Sungai Tenten merupakan salah satu aliran sungai induk di Kabupaten Lombok Timur yang berpotensi besar untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Pengelolaan wisata ini memiliki resiko terjadinya banjir di lokasi wisata yang disebabkan oleh kondisi alam yang statis maupun dinamis. Sistem peringatan dini merupakan faktor yang sangat penting dalam upaya pengurangan resiko jika terjadi bencana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah perancangan sistem monitoring ketinggian air pada jarak 600 meter dari lokasi wisata dengan menggunakan teknologi komunikasi LoRa 920 MHz yang terdiri dari beberapa perancangan sistem yaitu sistem pengiriman data sensor yang berfungsi sebagai pembaca ketinggian air, sistem penghubung yang berfungsi sebagai repeater, dan sistem penerima yang berfungsi mengeluarkan data suara melalui DF Player Mini. Hasil perancangan dan pengujian yang telah dilakukan mampu menerima data ketinggian air sungai yang dikirimkan dalam tiga kondisi peringatan bahaya yaitu kondisi siaga pada range pembacaan tetinggian air mencapai 90-100 cm, waspada pada range pembacaan tetinggian air mencapai 120-130 cm dan awas pada range pembacaan tetinggian air mencapai 150-160 cm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Banjiir, Sistem Peringatan Dini, LoRa 920 MHz, repeater, DF Player Mini
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Mar 2023 13:08
Last Modified: 02 Mar 2023 13:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35593

Actions (login required)

View Item View Item