PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BUAH APEL RED DELICIOUS DI ARENA BUAH MATARAM

I Gede Agus Satria, Yoga Permana (2023) PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BUAH APEL RED DELICIOUS DI ARENA BUAH MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_I Gede Agus Satria Yoga Permana_Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Buah Apel Red Delicious di Arena Buah Mataram.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
J_I Gede Agus Satria Yoga Permana_Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Buah Apel Red Delicious di Arena Buah Mataram_03~1.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui atribut-atribut buah apel red delicious yang menjadi preferensi konsumen di Arena Buah Mataram, (2) Untuk mengetahui atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian buah apel red delicious di Arena Buah Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif, Unit analisis dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli buah apel red delicisous di Arena Buah Mataram, Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan teknik Purposive Sampling atau dilakukan dengan sengaja, Penentuan responden ditentukan menggunakan metode Quota Sampling dan ditetapkan sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan penilaian Skala Likert dan diolah menggunakan analisis konjoin dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Atribut-atribut buah apel red delicious yang menjadi preferensi konsumen berdasarkan nilai utilitas yaitu atribut warna menarik senilai 0,215, ukuran besar senilai 0,210, rasa manis senilai 0,488, kerenyahan renyah 0,309, dan harga <Rp.45.000/kg senilai 0,15. (2) Atribut-atribut buah apel red delicious yang paling dipertimbangkan oleh responden dalam memilih buah apel red delicious di Arena Buah Mataram secara berurutan mulai dari yang paling dipertimbangkan sampai yang kurang dipertimbangkan yaitu atribut rasa dengan nilai 29,392, warna senilai 23,282, ukuran senilai 18,798, kerenyahan senilai 18,733 dan yang terakhir atribut harga dengan nilai kepentingan 9,795

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Preferensi, Buah Apel, Analisis Konjoin
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Mar 2023 13:07
Last Modified: 02 Mar 2023 13:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35595

Actions (login required)

View Item View Item