PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA PEMBELAJARAN PELUANG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI-IPS SMA NEGERI 2 LEMBAR TAHUN AJARAN 2016/2017

SUSENO, APRIYANA (2017) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA PEMBELAJARAN PELUANG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI-IPS SMA NEGERI 2 LEMBAR TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Lembar tahun ajaran 2016/2017 masih rendah. Rata-rata nilai ulangan harian mata pelajaran matematika kelas XI IPS tersebut sebesar 58,00 dengan Ketuntasan Klasikal mencapai 44%. Aktivitas belajar siswa juga kurang aktif yang ditunjukkan dengan ketidaksiapan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan kurangnya perhatian siswa pada saat pembelajaran berlangsung sehingga menyebabkan interaksi siswa dengan guru kurang selama proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament(TGT). Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN 2 Lembar dengan penerapan model kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) pada pembelajaran peluang tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus dilaksanakan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dibuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa pada siklus 1 untuk tiap pertemuan yaitu 9,65 dan 12,33 dengan masing-masing berkategori sedang dan tinggi. Kemudian pada siklus 2 untuk tiap pertemuan yaitu 13,33 dan 12,99 dengan masing-masing berkategori tinggi. Selanjutnya pada siklus 3 untuk tiap pertemuan yaitu 15 dan 15,68 dengan masing-masing berkategori sangat tinggi. Untuk nilai rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 berturut-turut 66,25, 72,16, dan 76,81 serta persentase ketuntasan klasikal siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 berturut-turut 54,16%, 72%, dan 88,46%. Melihat keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika pada pembelajaran peluang siswa kelas XI-IPS SMAN 2 Lembar tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teams Game Tournament (TGT), aktivitas, prestasi belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 07 May 2018 01:04
Last Modified: 07 May 2018 01:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3560

Actions (login required)

View Item View Item