UPAYA PEMERINTAH INDONESIA DALAM MELINDUNGI PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) PROGRAM GOVERNMENT TO GOVERNMENT (G TO G) (STUDI KASUS PMI DI KOREA SELATAN TAHUN 2017-2022)

Sofyan, Hidayat (2023) UPAYA PEMERINTAH INDONESIA DALAM MELINDUNGI PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) PROGRAM GOVERNMENT TO GOVERNMENT (G TO G) (STUDI KASUS PMI DI KOREA SELATAN TAHUN 2017-2022). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Sofyan Hidayat L1A016082.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Jurnal Sofyan Hidayat L1A016082.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (292kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pemerintah Indonesia dalam Melindungi Pekerja Migran Indonesia (PMI) Program Government to Government (G To G) (Studi Kasus PMI di Korea Selatan Tahun 2017-2022). Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-eksploratif dengan pendekatan konseptual dan pendekatan normatif. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasanya kerjasama bilateral antara Indonesia dengan Korea Selatan yang melahirkan proram yang dinamakan dengan G to G ini merupakan kerjasama yang terbilang cukup sukses dalam kerjasama pengiriman pekerja migran tahun 2017 – 2022. Hal ini dapat dilihat dari pengiriman dan permintaan PMI oleh Korea Selata terus meningkat. Tentunya peningkatan ini akan berdampak baik terhadap hubungan kedua Negara dengan tetap mengupayakan dan memperhatikan keamanan serta keselamatan pekerja migran dengan melakukan beberapa bentuk perlindungan seperti upaya Preventif dan Represif

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): upaya pemerintah, perlindungan, pekerja migran.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:35
Last Modified: 30 Mar 2023 04:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35602

Actions (login required)

View Item View Item