PENGARUH PENAMBAHAN VITAMIN E TERHADAP KARAKTERISTIK ASAM LEMAK TAK JENUH GANDA MINYAK IKAN JULUNG – JULUNG (Hemiramphus sp.)

PUTU DEWI PURNAMA, SARI (2023) PENGARUH PENAMBAHAN VITAMIN E TERHADAP KARAKTERISTIK ASAM LEMAK TAK JENUH GANDA MINYAK IKAN JULUNG – JULUNG (Hemiramphus sp.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Putu Dewi Purnama Sari_G1C018063.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah_Putu Dewi Purnama Sari.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Asam lemak tak jenuh ganda merupakan asam lemak yang memilliki fungsi untuk perkembangan otak dan mata, mempertahankan fungsi sel, dan menjaga kesehatan jantung. Ikan julung-julung atau biasa disebut ikan peje merupakan salah satu ikan bernilai ekonomis rendah yang minyaknya dapat dijadikan sebagai sumber alternatif asam lemak tak jenuh ganda. Minyak ikan yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda ini mudah mengalami oksidasi yang akan menurunkan kualitasnya. Untuk mencegah oksidasi terhadap minyak dapat ditambahkan antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan vitamin E terhadap kualitas minyak dan kestabilan kandungan asam lemak tak jenuh ganda minyak ikan julung-julung. Variasi vitamin E yang ditambahkan 0, 25, 50, dan 100 ppm. Kualitas minyak dilihat dari hasil karakterisasi (bilangan asam, bilangan peroksida, bilangan penyabunan, dan bilangan iod) dan hasil FTIR. Hasil penelitian menunjukkan penambahan vitamin E sebesar 100 ppm memberikan hasil terbaik dengan bilangan peroksida 3,2 meq/kg, bilangan asam 5,5 mg NaOH/g, bilangan penyabunan 151,47 mg KOH/g, dan bilangan iod 105,327 mg Iod/g. Hasil analisis FTIR antara minyak ikan standar dan minyak ikan dengan penambahan vitamin E 100 ppm menunjukkan bahwa ikatan rangkap pada minyak tidak berubah secara signifikan. Hasil analisis GCMS menunjukkan minyak ikan dengan vitamin E 100 ppm mampu mempertahankan asam arakhidonat yang diperoleh, dengan presentase sebesar 1,87%

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Asam lemak tak jenuh ganda, antioksidan, minyak ikan julung-julung, vitamin E
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:35
Last Modified: 30 Mar 2023 04:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35607

Actions (login required)

View Item View Item