PENGARUH PEMBERIAN PAKAN MOIST DENGAN PENAMBAHAN SUPLEMEN VITERNA-PLUS TERHADAP PERTUMBUHAN LOBSTER PASIR (Panulirus homarus) DI BAK TERKONTROL

Mathori Abdul, Wahid (2023) PENGARUH PEMBERIAN PAKAN MOIST DENGAN PENAMBAHAN SUPLEMEN VITERNA-PLUS TERHADAP PERTUMBUHAN LOBSTER PASIR (Panulirus homarus) DI BAK TERKONTROL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MATHORI ABDUL WAHID C1K017061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL MATHORI ABDUL WAHID C1K017061.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Kegiatan budidaya yang dilakukan selama ini hanya mengandalkan ikan rucah sebagai pakan budidaya lobster. Saat ini keberadaan ikan rucah mengalami fluktuasi.Sehingga diperlukan pakan alternatif pengganti ikan rucah sebagai pakan budidaya lobster yang sifatnya kontinyu, salah satunya adalah menggunakan pakan moist.Pakan moist merupakan jenis pakan buatan dengan kandungan air dalam pakan berkisar antara 35-40%. Untuk memaksimalkan penggunaan pakan moist, dapat dilakukan penambahan suplemen VITERNA-Plus. penelitian ini bertujuan Mengetahui pertumbuhan lobster pasir (Panulirus homarus) yang diberi pakan moist dengan dosis suplemen VITERNA-Plus yang berbeda dan mengetahui dosis suplemen VITERNA-Plus yang terbaik untuk pertumbuhan lobster pasir (Panulirus homarus). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan penambahan VITERNA-Plus kedalam pakan moist. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 5 perlakuan dan masing-masing perlakuan dilakukan 3 kali pengulangan sehingga diperoleh 15 unit percobaan. Dianataranya adalah perlakuan A (Pemberian pakan moist tanpa penambahan VITERNA-Plus (kontrol)), perlakuan B Pemberian pakan moist + 0,5% VITERNA-Plus, perlakuan C Pemberian pakan moist + 1% VITERNA-Plus, perlakuan D Pemberian pakan moist + 1,5% VITERNA-Plus, perlakuan E Pemberian pakan moist + 2% Viterna Plus. Parameter yang diamati adalah Pertumbuhan lobster, FCR, SR dan kualitas air. Hasil menujukkan bahwa penambahan VITERNA plus pada pakan moist memberikan pengaruh yang signifikan dan didapatkan dosis terbaik pada perlakuan D (Pakan moist + 1,5% VITERNA-Plus). Pertumbuhan mutlak bobot tubuh lobster sebesar 6,83 g, pertumbuhan relatif bobot tubuh lobster sebesar 120,09%, pertumbuhan relatif bobot tubuh lobster sebesar 80%, pertumbuhan spesifik harian bobot tubuh lobster sebesar 1,32%/hari, dan FCR tertinggi terdapat pada perlakuan A sebesar 3.03. Dari penelitian ini diketahui dosis terbaik terdapat pada perlakuan D yaitu pemberian pakan moist dengan penambahan VITERNA-Plus sebesar 1,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Lobster, Pakan, VITERNA-Plus.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:34
Last Modified: 30 Mar 2023 04:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35619

Actions (login required)

View Item View Item