MANAJEMEN PEMASARAN JAPAN AGRICULTURAL COOPERATIVE OKINAWA DI CABANG DESA YOMITAN PASAR YUNTA

FINA SARAH, ADHARI (2023) MANAJEMEN PEMASARAN JAPAN AGRICULTURAL COOPERATIVE OKINAWA DI CABANG DESA YOMITAN PASAR YUNTA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Fina Sarah Adhari_Manajemen Pemasaran Japan Agricultural Cooperative Okinawa di Cabang Desa Yomitan Pasar Yunta_0123 (1) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Fina Sarah Adhari_Manajemen Pemasaran Japan Agricultural Cooperative Okinawa di Cabang Desa Yomitan Pasar Yunta_0123.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Progam internship di JA Okinawa Jepang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan program MBKM yaitu kegiatan pembelajaran di luar perguruan tinggi yang dilaksanakan pada bulan April 2022. Dengan tujuan umum mengembangkan pengalaman, keterampilan, dan kemampuan sosial dalam dunia kerja di Jepang. Serta tujuan khusus menganalisis implementasi manajemen pemasaran JA Okinawa di Cabang Yomitan Pasar Yunta serta menganalisis hasil penjualan Pasar Yunta dan kesejahteraan petani. Melalui program ini penulis diberi tugas dan tanggung jawab di tempat Penyortiran dan Pengemasan Buah, Bunga, dan Sayur dan di Pasar Yunta, di kedua tempat tersebut penulis secara khusus diberi tugas untuk mengemas produk. Di Pasar Yunta, selain pengemasan, penulis juga bertanggung jawab untuk memastikan ketersedian stok produk hingga melakukan pelayanan konsumen. Dengan demikian, penulis memperoleh pengalaman dan keterampilan baru serta kemampuan bersosialisasi dalam dunia bisnis karena berinteraksi dengan rekan kerja dan konsumen. Manajemen pemasaran yang diterapkan di Pasar Yunta berdasarkan bauran pemasaran 7P yang terdiri dari product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence dilaksanakan dengan sistematis mulai dari manajemen produk hingga bukti fisik Pasar Yunta terlaksana dengan baik dan konsisten. Implementasi manajemen pemasaran yang baik tersebut berpengaruh terhadap hasil penjualan Pasar Yunta yang cukup tinggi, sejalan dengan itu pendapatan petani juga ikut terjamin karena petani menganggap sistem JA sudah menguntungkan dan petani dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Program Internship, JA Okinawa, Manajemen Pemasaran, Hasil Penjualan, Kesejahteraan Petani
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:34
Last Modified: 30 Mar 2023 04:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35623

Actions (login required)

View Item View Item