PENGARUH LAMPU LIGHT EMITTING DIODE (LED) DENGAN WARNA YANG BERBEDA TERHADAP KUALITAS WARNA IKAN SUMATRA (Puntius tetrazona)

WAHYU ATUL, AINI (2023) PENGARUH LAMPU LIGHT EMITTING DIODE (LED) DENGAN WARNA YANG BERBEDA TERHADAP KUALITAS WARNA IKAN SUMATRA (Puntius tetrazona). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
wahyu atul aini (C1K016101) SKRIPSI 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
wahyu atul aini (C1K016101) JURNAL.pdf

Download (778kB) | Preview

Abstract

Pengunaan cahaya buatan dalam meningkatkan kualitas warma pada ikan sumatra. Salah satu teknik manipulasi cahaya dapat menggunakan lampu Light Emitting Diode (LED). Selain penggunaan lampu LED yang hemat biaya juga memiliki kelebihan yaitu tahan lama, efisiensi energi, dan ramah lingkungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan lampu LED yang berbeda terhadap kualitas warna ikan sumatra (Puntius tetrazona). Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan pola Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 4 perlakuan dan 3 kali ulangan sehingga diperoleh 12 unit percobaan dengan perlakuan lampu LED warna putih (P1), lampu LED warna hijau (P2), lampu LED warna biru (P3), lampu LED warna mera hidup (P4). Parameter yang diamati adalah kualitas warna, pertumbuhan panjang mutlak, pertumbuhan berat mutlak dan kelangsungan hidup. Hasil penelitian menhwa unjukkan b penggunaan lampu LED dengan warna yang berbeda berpengaruh nyata (p <0,05) terhadap warna ikan sumetara, sedangkan terhadap pertumbuhan panjang mutlak, pertumbuhan berat mutlak dan kelangsungan hidup tidak berbeda nyata. Penggunaan lampu LED warna merah memberikan pengaruh tertinggi terhadap peningkatan kualitas warna sebesar 47,50%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Light Emitting Diode (LED),kualitas warna,ikan sumatra
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:33
Last Modified: 30 Mar 2023 04:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35630

Actions (login required)

View Item View Item