KERAGAMAN LABA-LABA (Araneae : Araneidae) PADA TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) YANG DI PERLAKUKAN DENGAN BERBAGAI TANAMAN REFUGIA

Afi, atun (2023) KERAGAMAN LABA-LABA (Araneae : Araneidae) PADA TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) YANG DI PERLAKUKAN DENGAN BERBAGAI TANAMAN REFUGIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi afiatun baru (Revisi) 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH AFIATUN.pdf

Download (512kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa tanaman Refugia terhadap keanekaragaman laba-laba (Araneae) pada tanaman kentang (Solanum tuberosum L). Penelitian telah dilakukan pada Bulan Mei sampai Agustus 2022 di kordinat 80 22’54,5” dan 1160 32’38”BT, Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode eksperimental dengan percobaan dilapangan dan dilaboratorium. Rancangan percobaan yang digunakan rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 6 perlakuan dan 3 kali ulangan sehingga didapat 18 unit. Adapun rincian perlakuannya seperti berikut : P0 : kontrol (tanpa perlakuan), P1 : bunga kenikir (Cosmos sulphureus), P2 : kacang kapri (Pisum sativum L.), P3 : bunga matahari (Helianthus annuus L.), P4 : Bungan marigold (Tagetes erecta L.), dan P5 : bunga kertas (Zinnia elegans jaqc). Data hasil pengamatan dianalisis keragaman pada taraf nyata 5% dan hasil analisis yang berbeda nyata diuji dengan beda nyata jujur (BNJ) pada taraf 5%. Akan tetapi, apabila analisis data yang dihasilkan tidak signifikan maka tidak dilakukan uji lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dari beberapa tanaman Refugia menghasilkan pengaruh yang tidak signifikan terhadap populasi, indeks keragaman, indeks kelimpahan, dan indeks dominansi laba-laba. Hal ini berarti perlakuan yang diberikan tidak memiliki pengaruh terhadap keberadaan laba-laba predator yang tinggal di habitat tersebut. Hasil penelitian ini telah ditemukan tujuh famili laba-laba yang berpotensi sebagai predator atau musuh alami bagi hama, yaitu Lycosidae, Theridiidae, Cheiracanthiidae, Linyphiidae, Salticidae, Phalangiidae dan Thomisidae. Nilai indeks keragaman laba-laba yang di hasilkan berkisar antara 0,64 dan 0,74 sehingga tergolong kategori rendah pada semua perlakuan. Nilai Indeks dominasi Laba-laba pada tanaman kentang berkisaran antara 0,018 dan 0,021 yang artinya tergolong kategori rendah pada semua perlakuan. Populasi laba-laba yang cenderung terbanyak terdapat pada tanaman kentang yang diberi perlakuan dengan kacang kapri (P2) dengan Jumlah Rata-rata 1,96 Populasi dan indeks kelimpahan laba-laba cenderung sebesar 0,74 pada perlakuan (P0) tanaman kentang tanpa perlakuan dan terendah yaitu sebesar 0,64 pada perlakuan (P5) tanaman kentang yang diaplikasikan dengan tanaman refugia bunga kertas (Zinnia elegans jaqs)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Refugia, tanaman kentang, laba-laba, RAK (rancanagan acak kelompok).
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:25
Last Modified: 09 Mar 2023 01:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35668

Actions (login required)

View Item View Item