ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA ACIBARA COFFEE DI KOTA MATARAM

Devi Ayu, Prihandini (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA ACIBARA COFFEE DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Devi Ayu Prihandini_C1G018024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Devi Ayu Prihandini_C1G018024.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan karakteristik konsumen Acibara Coffee di Kota Mataram (2) menganalisis tingkat kepuasan konsumen pada Acibara Coffee di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah konsumen Acibara. Lokasi sampel adalah Acibara Coffee di Jenderal Sudirman, Kelurahan Rembiga, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, yang di tentukan secara purposive. Sampel penelitian ini diambil menggunakan metode teknik non probability sampling yaitu dengan cara accidental sampling. Total jumlah pengunjung selama seminggu pengamatan yaitu 955 orang. Data hasil pengamatan kemudian diolah menggunakan rumus slovin dan didapatkan jumlah sampel peneliitan ini sebanyak 43 orang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan metode survei. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, customer satisfaction indeks, dan importance performance analysis. Hasil analisis menunjukkan bahwa : (1) Karakteristik konsumen Acibara Coffee berada pada rentang usia 22-26 tahun, pendidikan terakhir Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan mayoritas pekerjaan pelajar/mahasiswa. Sebagian besar berpendapatan <1.500.000 (apabila responden tidak atau belum memiliki pekerjaan tetap maka pendapatan yang dimaksud adalah uang saku) rupiah per bulan dan berdomisili di Kota Mataram. Berdasarkan karakteristik umum pembelian aspek tampak responden melakukan pembelian bersama teman pada weekend dan membeli kopi, sedangkan berdasarkan aspek tak tampak tujuan responden ke Acibara Coffee untuk berkumpul bersama teman dan perilaku konsumen setelah melakukan pembelian, konsumen akan datang kembali. (2) Tingkat kepuasan konsumen terhadap kinerja yang diberikan Acibara Coffee secara keseluruhan sudah puas. Hal ini terbukti dari nilai Customer Satisfaction Index yang berada pada range 0,66-0,80 atau 66%-80%. Berdasarkan hasil analisis Importance Performance Analysis (IPA) didapatkan hasil skor rata-rata dari rata-rata tingkat kepentingan 4,20 dan kinerja 3,90. Atribut yang dinilai masih perlu diperbaiki (prioritas utama) kinerjanya karena belum sesuai harapan pelanggan yaitu cita rasa, porsi produk, perbandingan harga dengan kualitas, dan kecepatan penyajian

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): customer satisfaction index, importance performance analysis, coffee shop
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Mar 2023 00:58
Last Modified: 09 Mar 2023 00:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35671

Actions (login required)

View Item View Item