ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN 2 BELEKA TAHUN AJARAN 2022/2023

WINDY, AULIA (2023) ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN 2 BELEKA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Windy Aulia pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam memberikan motivasi belajar siswa di SDN 2 beleka. Adapun yang melatar belakangi dilakukannya penelitian ini adalah waktu yang tidak banyak dimiliki oleh orang tua dalam mendampigi belajar siswa, kurangnya pengetahuan orang tua dalam memahami bagaimana bentuk motivasi yang perlu diberikan orang tua saat siswa belajar dirumah maupun disekolah. Pengaruh gadget yang diberikan siswa saat dirumah juga mempengaruhi semangat belajar siswa karena mereka akan lebih cenderung bermain daripada belajar yang membuat pencapaian pembelajaran siswa kurang maksimal dan motivasi belajar siswa yang rendah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan yang dipilih sebagai subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua siswa sebanyak 3 orang, dan siswa kelas VIB sebanyak 3 orang siswa serta wali kelas VI B sebanyak 1 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik pengumpulan data berupa observasu, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman dengan menggunakan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ditemukan bahwa peran orang tua dalam memberikan motivas belajar siswa sudah berperan cukup aktif. Bentuk peran orang tua dalam memberikan motivasi belajar terhadap siswa yaitu menyediakan fasilitas belajar, memberikan penghargaan dan pujian ikut berpartisipasi dalam mengawasi kegiatan belajar siswa dan membantu mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi sudah orang tua berikan tetapi belum optimal dilakukan karena beberapa siswa masih memiliki motivasi belajar dan kemampuan belajar yang rendah. Orang tua dengan kendala harus bekerja juga tidak selalu bisa mendampingi siswa. Hal tersebut membuat kegiatan belajar siswa belum optimal secara merata. Selain itu ada juga beberapa orang tua yang sudah berupaya aktif dalam memberikan motivasi belajar terhadap siswa. Adapun motivasi belajar siswa di kelas VIB dilihat dari beberapa aspek seperti kuatnya kemauan siswa untuk berbuat, jumlah waktu yang disediakan untuk belajar, kerelaan meninggalkan aktivitas lain dan ketekunan dalam mengerjakan tugas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peran Orangtua, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Mar 2023 00:53
Last Modified: 09 Mar 2023 00:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35674

Actions (login required)

View Item View Item